Sebenarnya tidak hanya 7, ada banyak cara untuk mencari ketenangan hati. Namun di sini akan saya tuliskan 7 point saja. Tulisan tentang 7 Kunci menuju ketenangan hati ini sebenarnya sudah pernah saya tulis di blog saya di Friendster yang sudah lama sekali tidak saya buka. Password Friendster nya aja saya lupa.

Tulisan ini sebenarnya bersumber pada sebuah poster berukuran besar di rumah saya, tepatnya di ruang tamu. Saat itu saya menyalin tulisan di poster tersebut pada secarik kertas bekas. Kemudian meletakkannya pada meja belajar di dalam kamar saya, hingga kemudian kertas itu hilang entah kemana.

Namun seiring berjalannya waktu, saya menemukannya kembali ia terselip di dalam lekukan sebuah buku yang jarang sekali saya buka. Akhirnya saya menyalin ulang tulisan pada kertas usang tersebut ke computer menggunakan software evernote agar mudah saya baca kembali di kemudian hari.

Tapi sejak tulisan ini saya publish di blog ini saya tidak tahu lagi dimana poster itu berada, mungkin sudah usang dimakan oleh waktu. Langsung saja, inilah ke-7 kunci tersebut. Beberapa di antaranya saya tambahi keterangan, agar makna yang terkandung di dalamn kata-kata ini dapat Anda pahami seutuhnya :

1. Jangan tergantung pada orang lain.

Tergantunglah pada diri sendiri dan bersikaplah mandiri. Hanya Tuhan-lah satu-satunya zat dimana kamu dapat menggantungkan hidup.

 

2. Jangan berburuk sangka orang lain akan membicarakan/menghinamu.

Berfikirlah positif, hal ini mungkin tidak menyelesaikan SEMUA masalah mu. Tapi kegiatan ini AKAN mengusir sifat pembenci dalam dirimu dan kemudian melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat.

 

3. Jangan selalu mengingat penyesalan di masa lalu.

Oleh karena itu hiduplah sebaik-baiknya. Hidup itu mudah teman, buatlah satu keputusan.. dan JANGAN PERNAH menyesalinya.

7-kunci-menuju-ketenangan-hati-topan-2

 

4. Jangan menyimpan kemarahan, dendam, iri hati dan kebencian.

Dendam itu bagaikan racun. Ia bisa menguasai hidupmu. Sebelum kamu menyadarinya, dendam itu bisa mengubahmu menjadi seorang yang jahat. Sebaiknya, jika kau merasa hari mu sungguh berat, maka percayalah bahwa di setiap kesulitan PASTI selalu ada ada kemudahan.

 

5. Jangan membiasakan sikap terburu buru. Oleh karena itu MANAGE-lah waktumu.

Aset utama dan terpenting dalam kehidupan bukanlah uang, intan, permata ataupun berlian, tetapi adalah WAKTU. Ingatlah bahwa mesin waktu itu tidak pernah ada, kita tak akan bisa membeli waktu, memutar waktu, ataupun menghentikan waktu. Dan demi masa, sesungguhnya manusia berada dalam kerugian yang sangat besar apabila mereka tidak dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

7-kunci-menuju-ketenangan-hati-topan-1

 

6. Jangan pernah khawatir akan hari esok.

Ingatlah bahwa Tuhan menjanjikan masa depan, dan harapan kita tidak akan pernah lenyap.
Bukankah cinta, hidup dan mati itu ada di tangan Tuhan?
Ia telah menuliskan takdir manusia jauh saat sebelum kita di lahirkan.
Ia tahu apa yg terbaik bagi kita, maka dari itu jangan pernah sesali apa yang terjadi meskipun terasa perih bagi kita.
Pada akhirnya setiap manusia akan di ciptakan untuk saling berpasang pasangan, maka dari itu jangan pernah kuatir akan cinta mu. Segala sesuatu akan indah.. pada waktunya. Percayalah. Sudah banyak orang yang pernah mengalaminya.

 

7. Ketuklah, maka pintu akan terbuka.

Ingatlah pada Nya, maka Ia akan mengingatmu.
Berdoalah, maka keluh kesahmu akan didengarkan.

7-kunci-menuju-ketenangan-hati-topan-3

Yah, itulah tulisan-tulisan pada poster yang pernah saya miliki dulu. Mungkin ada diantara kamu yang tidak setuju. Ambil saja hikmahnya dan tetaplah semangat.
:)

Topik :