9-tips-memlilih-power-bank-yang-berkualitas-sanyo-superman

Power Bank adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris yang berarti “Penyimpan Daya”. Yup, sebuah alat kecil yang mudah dibawa kemana-mana, yang berfungsi untuk men-charge kembali gadget kita saat kehabisan daya, dimana kita berada dalam posisi jauh dari colokan listrik. Alat ini bisa digunakan untuk mengisi ulang gadget dimanapun dan kapanpun kamu berada. Dilihat dari fungsinya, alat ini juga diberi nama Portable Charger atau Emergency Battery, meskipun kedua nama tersebut tidak terlalu populer di Indonesia.

Power Bank memiliki bermacam-macam kapasitas daya mulai dari 1600mAh, 1800mAh, 2600mAh, 3000mAh, 5200mAh, 5600mAh, 5800mAh, 6000mAh, 8000mAh, hingga 9000mAh sampai 12000 mAh. Penggunaannya cukup mudah. Kita cukup mengisi atau men-charge Power Bank hingga penuh. Setelah itu, Power Bank dapat digunakan untuk mengisi baterai gadget kita. Misalnya Blackberry, memiliki baterai berkapasitas 1500 mAh. Jadi, Power Bank berkapasitas 3000 mAh dapat mengisi baterai 1500 mAh hingga dua kali charge.

 

“Tips memilih Power Bank”

 

Berikut ini 9 Tips memilih Power Bank yang bisa kamu jadikan sebagai panduan kalau kamu lagi galau mau beli Power Bank yang seperti apa.

Merek

Googling dan cari tau dulu tentang perusahaan yang memproduksi Power Bank yang akan kita beli. Apa sudah ahli dibidang battery atau belum. Jika sudah, itu nilai plus suatu Power Bank. Saya sebutkan aja merk yang terpercaya sebagai berikut: Panasonic, Sony, Phillips, Sanyo dan lain-lain. Jangan sampai beli Power Bank yang kemasanya bagus tapi ndak ada merek nya.

9-tips-memlilih-power-bank-yang-berkualitas-1

 

Kualitas

Merek yang bagus tentu pasti akan menjaga kualitas. Itu adalah hukum alam. Kualitas sebuah Power Bank bukan hanya akan menentukan kinerja dari power bank itu sendiri, khususnya seberapa cepat dan akurat pengisian energi yang diberikannya, namun juga akan mempengaruhi gadget yang akan kita cas. Jika sembarangan, bukannya gadget kita akan terisi, namun justru merusak daya tampung baterai gadget yang kita sayangi.

 

Output

Perhatikan output Power Bank dengan baik. Banyak merek Power Bank yang arus outputnya tidak real (output yagn tertera di box belum tentu menjamin output yang real), sehingga charging gadget menjadi lama. Gadget bisa rusak jika daya yang dikeluarkan jauh lebih besar dibandingkan dengan yang seharusnya diterima oleh baterai ponsel. Dengan daya besar serta output melebihi kapasitas, tentu saja pengisian akan lebih cepat, tapi kalau dilakukan terus-terusan, bisa merusak baterai. Daya tahan baterai pun cepat berkurang dan gampang ngedrop. Dampaknya biasanya tidak seketika, tapi melalui proses yang bertahap. Misalnya aja baterai original Blackberry yang normalnya bisa di pakai 2 tahun bisa ngedrop pada tahun pertama karena sering di isi dengan Power Bank kualitas rendah.

 

Kapasitas

Kapasitas akan menentukan seberapa kali power bank tersebut dapat kita manfaatkan untuk mengisi baterai gadget kita. Tentu Power Bank dengan kapasitas yang real, output yang real dan sesuai kebutuhan kita. Seperti yang telah saya sebutkan di awal tulisan ini bahwa ada bermacam-macam kapasitas Power Bank dari 1600mAh sampai 12000mAh. Belilah yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Safety Protection

Perlu kamu ketahui, adanya Safety Protection pada Power Bank harus diperhatikan, jika tidak maka akan berakibat fatal untuk gadget kamu. Kira-kira safety Protection yang harus dimiliki dalam sebuah Power Bank adalah:

  • Short Circuit Protection: Berguna untuk melindungi gadget kamu jika terjadi arus pendek, sehingga jika terjadi arus pendek, baik Power Bank ataupun gadget kamu terhindar dari kerusakan, maka dari itu saya sarankan untuk memakai kabel data bawaan/ original gadget/ handphone
  • Over Charge protection: Melindungi gadget kamu dari kerusakan bila di charge terlalu lama, misal di charge semalaman ditinggal tidur. Fitur ini akan otomatis mematikan arus listrik jika batre gadget sudah terisi penuh.
  • Over Current Protection
  • Over Voltage Protection
  • Temperature protection: Fitur ini akan mendeteksi adanya panas yang berlebih pada saat pengisian baterry.

 

9-tips-memlilih-power-bank-yang-berkualitas-2

 

Fitur

Power Bank yang ada di pasaran saat ini memiliki fitur-fitur tambahan. Contohnya Power Bank yang ada lampu senter nya, bisa WiFi, ada kipas angin mini nya, dll. Saya rasa iitu tidak terlalu penting, sesuaikan aja dengan kebutuhan kamu. Karena memang kebutuhan setiap orang itu berbeda-beda.

 

Colokan / Konektor

Power Bank yang beredar di pasaran ada yang menyediakan berbagai jenis konektor. Nah, perlu kamu ketahui juga bahwa konektor tersebut dapat membuat gadget kamu rusak atau memperpendek umur gadget dan battery kamu. Sebaiknya sih pakai aja kabel data bawaan gadget kamu karena itu lebih bagus dan mengeluarkan daya output yang stabil dibandingkan konektor yang disediakan oleh Power Bank. Jangan pula kamu memilih Power Bank hanya berdasar banyaknya konektor yang di sediakan.

 

Garansi

Carilah Power Bank yang memberikan garansi minimum 1 Tahun. Karena garansi itu mencerminkan tingkat validitas suatu brand.

9-tips-memlilih-power-bank-yang-berkualitas-3

 

Harga

Ada harga ada kualitas. Jangan tergiur dengan kapasitas yang besar dengan harga yang murah. Powerbank yang berkapasitas 5000mAh yang mempunyai kualitas sudah diakui bagus dan terjamin kualitasnya biasanya seharga lebih dari Rp 300.000. Jadi jangan tertipu dengan harga murah yang menjanjikan kapasitas besar.

 

Kesimpulan:

Gunakan power bank seperlunya saja. Kalau kamu masih bisa terhubung dengan listrik, maka gunakanlah charger asli gadget kamu untuk pengisian baterai. Emangnya kamu tinggal di gua? yang nggak ada listriknya? Jangan terlalu sering menggunakan Power Bank apabila tidak dalam keadaan darurat. Karena tingginya intensitas penggunaan Power Bank juga dapat mempengaruhi kinerja power bank itu sendiri.

Bagi saya pribadi, Power Bank bukanlah segala-galanya. Toh saya juga bukan orang penting. Kalau lagi di jalan lalu semua gadget saya mati, ya sudah mati aja. Nge-charge nya nanti aja kalau nemu listrik.  Sembari gadget saya mati, saya kan bisa melakukan hal-hal yang saya rasa lebih penting daripada twitteran, fesbukan, instagram, atau path, yaitu mulai bersosialisasi dalam arti yang sebenarnya, seperti menyapa teman yang kebetulan lewat atau ngobrol sama cleaning service yang lagi bersih-bersih.

Begitulah.

Sumber: JogjaGadget.com

Topik :