15 49.0138 8.38624 1 1 4000 1 http://topan.web.id 300
Google AMP Project

Belajar Tentang AMP (Accelerated Mobile Pages) Google

AMP Google

source image : kinsta.com

source image : kinsta.com

Google merupakan situs mesin pencari paling terkenal di dunia, selain itu Google terus berkreativitas dan berinovasi dalam hal teknologinya. Seperti para blogger yang ketahui mengenai project Google satu ini yaitu AMP atau Accelerated Mobile PagesAMP merupakan fitur untuk halaman website yang didesign khusus agar halaman tersebut support “mobile user friendly“. Project ini memberi banyak pengalaman bagi pengguna internet untuk kenyamanan dan kecepatan untuk browsing di internet.

Dengan adanya fitur AMP pada sebuah website, tentunya dapat mempercepat akses hingga 4X lebih cepat dari biasanya (katanya). Selain itu halaman website yang sudah disupport AMP ini dapat menghemat data internet kalian hingga 10X lipat. Mengintegrasikan website kamu agar bisa support AMP, tentu saja dapat meningkat Search Engine Result Page pada hasil pencarian Google khususnya pada mobile devices. Jadi fitur AMP ini memang menurut saya recomended buat para blogger yang memang audience traffictnya banyak dari mobile user.

Apa sih kelebihan AMP ?

AMP sebenarnya masih tergolong anyar atau baru jadi masih dibilang Betanamun manfaat menggunakan AMP ini sudah dapat digunakan. Berikut ini manfaat atau kelebihan dengan menggunakan AMP diantaranya :

  1. Meningkatkan Peringkat di Situs Pencarian Google.
    Meskipun AMP bukan jaminan penambah SEO website kalian, tetapi jika diperhatikan kembali untuk Optimasi SEO menurut saya pribadi AMP ini berfungsi untuk mempercepat loading halaman website kalian. Kecepatan aksesnya juga memungkinkan blog – blog kalian dapat berada di peringkat terbaik di SERP, apalagi diimbangi dengan isi konten yang berkualitas.
  2. Halaman Website Versi mobile jauh lebih cepat dan ringan.
    AMP terbangun oleh 3 komponen yaitu AMP HTML, AMP Javascript, dan Google AMP cache. Ketiga komponen inilah yang membuat halaman blog kalian menjadi sangat ringan, sehingga kecepatan akses blog kalian juga meningkat. Dan juga pengguna juga bisa menghemat bandwith internetnya. Biasanya visitor website yang datang ke blog itu ada yang senang membaca ada pula yang sedang mencari informasi yang memang sedang dicari oleh visitor tersebut. Dengan cepatnya website kalian tentu visitor juga akan lebih nyaman mengakses blog kalian. (Bisa nurunin Bounce Rate loh)
  3. AMP merupakan project gratisan alias open source.
    Siapapun kamu bisa bergabung di project Google AMP ini. Hal ini tentu dapat menarik perhatian bagi para programer web yang suka ngoding, Google mempersilahkan mereka untuk berkontribusi dalam mengembangkan fitur AMP ini.

Bagamaina WordPress Saya Terintegrasi dengan fitur Google AMP ini ?

Mungkin dari segelintir blogger di tanah air ini sudah ada yang mengitegrasikan websitenya menggunakan Google AMP ini. Untuk kalian yang belum menggunakan fitur tersebut berikut ini plugin pendukung yang dapat membantu website kalian support fitur Google AMP :

  1. AMP by Automattic

    Wordpress AMP

    WordPress AMP

    Penjelasan dari developer plugin ini :

    This plugin adds support for the Accelerated Mobile Pages (AMP) Project, which is an an open source initiative that aims to provide mobile optimized content that can load instantly everywhere.

    With the plugin active, all posts on your site will have dynamically generated AMP-compatible versions, accessible by appending /amp/ to the end your post URLs. For example, if your post URL is http://example.com/2016/01/01/amp-on/, you can access the AMP version at http://example.com/2016/01/01/amp-on/amp/. If you do not have pretty permalinks enabled, you can do the same thing by appending ?amp=1, i.e. http://example.com/?p=123&amp=1

    Note #1: that Pages and archives are not currently supported. Pages support is being worked on.

    Note #2: this plugin only creates AMP content but does not automatically display it to your users when they visit from a mobile device. That is handled by AMP consumers such as Google Search. For more details, see the AMP Project FAQ.

    Follow along with or contribute to the development of this plugin at https://github.com/Automattic/amp-wp

    Nah itu lah bahasa planet yang nongol di penjelasan plugin tersebut yang bisa kalian temukan dihalaman “Add Plugin” di masing – masing blog kalian yang menggunakan wordpress yak.
    Plugin ini merupakan core biar wordpress kalian ini support AMP. Namun perlu ada coding – codingan lagi kalo mau pake fitur AMPnya, daripada ribet ada plugin tambahan untuk membantu memperingan setup2 codingan2 gk jelas ini hahaha.

  2. AMP for WP – Accelerated Mobile Page
    AMP for WPAMP for WPPenjelasa dari plugin developer ini :

    AMP for WP automatically adds Accelerated Mobile Pages (Google AMP Project) functionality to your WordPress site. AMP makes your website faster for Mobile visitors.

    Jadi intinya plugin ini dapat membantu mensetup fungsi dari plugin sebelumnya dan juga didukung user interface yang mudah loh. Plugin ini gratis namun ada versi yang berbayarnya juga, kalian bisa cek sendiri deh di website officialnya.

Project Google AMP ini memang terbukti dapat mempercepat website kalian dan membuka halaman website kalian persekian detik (katanya). Tentu hal ini dapat menambahkan rasa nyaman pada pengunjung yang mengakses website Anda. Sebenarnya selain dari Google AMP tentu kalian harus memperhatikan kembali mengenai HOSTING yang kalian gunakan. Kalo saya pribadi menggunakan VPS berbasis Cloud hehehe dengan RAM 1 GB, dan sedikit sentuhan swap memory ke SSD dengan dukungan PHP versi terbaru 7.2.1 stable version dan CentosWebPanel Pro Version. Untuk biaya jelas sangat – sangat murah hehehe jadi untuk kalian yang memang ingin di design server seperti ini kemungkinan nanti akan saya buatin tutorialnya untuk kalian semuanya.

Mungkin itu saja untuk tulisan hari ini kemungkinan tutorial buat server sendiri dengan harga irit ini tergantung harga dollar sih hehehe karena server yang saya gunakan server luar (Singapore Datacenter). Kenapa pilih Server luar karena saya pribadi agak “Kurang” percaya dari kualitas server – server di Indonesia terutama datacenternya.

Disclaimer : Website ini belum support fitur AMP dikarenakan sesuatu hal yang memang jadi pertimbangan buat saya pribadi, dengan optimasi di sisi server sendiri website ini cukup cepat untuk di akses.

 

Salam Cungkring 😛

Share:
PREVIOUS POST
Whatsapp Business Telah Rilis di Indonesia
NEXT POST
Perbedaan Antara Graphic Designer, Web Designer, UI Designer, UX Designer dan Front End Developer

0 Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: