Kemarin malam Blackbbery saya muncul tulisan SIM not allowed di bagian atas layar, dan sinyal nya menjadi tulisan SOS dengan warna merah. Saya pikir Blackberry terebut mengalami kerusakan hardware. Sempet mikir berapa lagi biaya yang harus saya keluarkan bulan ini untuk service Blackberry ini jika ternyata hardware-nya memang bener-bener rusak. Duh !!

Berikut ini adalah screenshot nya:

Karena saya menganut falsafah TJP (Tenang Jangan Panik), maka saya memutuskan untuk mecoba tenang sejenak sembari berfikir dan melakukan beberapa hal berikut ini sebelum saya memutuskan untuk men-service Blackberry tersebut di kemudian hari.

Apa yang saya lakukan saat muncul tulisan SIM not allowed di Blackberry?

1. Restart Blackberry kamu (lepas battery, SIM card, Memory Card). Untuk sebagian kasus hal ini dapat mengatasi masalah, tapi tidak bagi kasus saya.

2. Oh iya, setelah googling saya menemukan cara baru yaitu, lepas SIM card nya (lagi) lalu bersihkan chip kuningan di slot SIM card, namun tindakan ini tidak membantu. Bagi orang lain tindakan ini akan membereskan masalah, tidak ada salahnya kamu mencoba.

3. Cara yang terakhir dan yang mujarab adalah membawanya ke untuk Customer Service Operator kartu yang bersangkutan untuk melakukan upgrade atau penggantian SIM card baru. Mungkin Anda bisa membawanya ke Gallery Indosat, Graha Telkomsel atau ke provider sesuai dengan kartu yang sedang Anda gunakan. Saat membawanya ke Gallery Indosat, saya tidak dikenakan biaya penggantian kartu, tapi saya tidak tau kalau operator lain. Terima kasih INDOSAT.

Setelah melakukan penggantian kartu, SIM CARD anda akan akitf dan dapat digunakan kembali dalam waktu 1×24 jam. Beberapa menit sejak diganti nya kartu saya dengan yang baru, tampillanya sudah berubah, bukan SIM NOT ALLOWED lagi, tapi berubah menjadi SIM NOT PROVISIONED. Kira-kira seperti pada gambar di bawah ini:

 

Jreng.. jreng.. jreng.. 3 jam kemudian, tiba-tiba mucul notifikasi seperti pada gambar di bawah ini:

Tekan OK, lalu akan mucul:

Nah, setelah me-restart Blackberry tersebut saya sudah dapat melakukan aktifitas seperti biasa. Setelah beberapa saat merasakan euforia hidupnya kembali Blackberry ini, timbul pertanyaan dalam benak saya:

Kenapa bisa muncul tulisan SIM not allowed di Blackberry saya?

Setelah saya melakukan penelitian dan mengumpulkan beberapa informasi terkait, hal tersebut ternyata disebabkan karena SIM card terebut telah rusak. Penyebabnya dapat berbagai maca, namun disinyalir bahwa penyebabnya mungkin ialah handphone Blackberry yang paket internet-nya selalu aktif dan sering di-charge itu akan menghasilkan panas yang berlebihan yang dapat merusakkan SIM card. Hal tersebut tidak pernah terjadi pada iPhone ataupun XPERIA saya. Oh, dasar Blackberry!! Lalu bagaimana biar gak rusak? Ya gak usah di charge. Ciyus?

Nah saya  kira itu saja. Besok akan saya publish informasi bersama solusinya, Kenapa pulsa di Handphone Blackberry saya berkurang sendiri.

#okesip

Topik :