15 49.0138 8.38624 1 1 4000 1 http://topan.web.id 300
Belajar Menulis Blog

Memulai Menulis Artikel Blog Menggunakan WordPress

Tentukan nama domain dan hostingmu

Ini dia tulisan pertama gw akan ngebahas soal gimana caranya nulis artikel / blog dengan menggunakan cms wordpress. Perlu kita ketahui untuk dasar – dasar yang harus dimiliki sebelum memulai menulis artikel yaitu persiapkan dulu domain & hostingnya. Gunakan situs pencarian google untuk mencari domain & hosting terbaik diindonesia. Tentunya akan banyak pilihan jenis – jenis hosting dan harga domain yang ditawarkan.

Beli Domain dan Hosting

Beli Domain dan Hosting

Untuk memilih domain sama hosting bebas yah terserah kalian, kalo gw domain beli yang murah di whois aja domain ini. Lalu untuk hostingnya gw order server VPS SSD di vultr servernya di datacenter singapore. Kenapa gw pilih VPS selain cepet, diskpace gede, dan gw bisa optimasi server sendiri sesuka hati gw.

Setelah kalian punya domain dan hosting sendiri, tentu langkah selanjutnya adalah instalasi cms wordpressnya. Untuk cara instalasinya cari digoogle banyak, gak sulit, gak susah, kalau kalian ngerasa sulit dicoba kontak support pihak hostingnya untuk minta bantu instalasi cms wordpressnya di akun hosting kalian.

Tutorial Menggunakan WordPress

Wpbeginner

Wpbeginner

Untuk kumpulan tutorial wordpress bisa kalian kunjungi website ini : http://www.wpbeginner.com/category/wp-tutorials/

Pastiin pada ngerti bahasa inggris secara pasif ya, yang penting ngerti kalo artikel – artikel di websitenya wpbeginner banyak tutorial untuk wordpress entah itu untuk mempercantik wordpress kalian ataupun tata cara melindungin website kalian dari serangan hacker. Selain wpbeginner.com kalian bisa baca di blog – blog lainnya yang menggunakan bahasa indonesia.

Jika kalian kurang senang membaca, ada solusi lain yaitu nonton video tutorialnya di youtube.

Memilih Themes WordPress

Themeforest

Themeforest

Biasanya orang – orang akan lebih lama di optimasi themes websitenya, nah gw saranin jangan terlalu lama memilih themes, kalo bingung cukup pilih themes yang sudah disediakan sama wordpressnya. Kalo kalian ada uang lebih atau bisa transaksi online beli aja themesnya. Kalo gw biasa beli themes di situs marketplace themes wordpress yaitu themeforest.net. Kisaran harga themes wordpress sekitaran $29 hingga $59 ya mesti ngeluarin uang sekitaran 300 – 800rb. Jangan sampe kalian gunakan themes bajakan yah, nanti urusannya sama pihak hostingnya loh, bisa kena suspend atau kena hack orang.

Menentukan Topik Blog

Untuk menentukan topik blog sendiri itulah yang harus kamu tentukan dari awal, pastikan topik blog yang dipilih tidak meniru topik blog milik orang lain karena melihat mereka sukses untuk ngebahas topik tersebut. Jangan pilih topik blog yang memang kamu gak tahu apa – apa soal topik tersebut. Lalu dalam 1 blog jangan sampain ada banyak topik atau gado – gado. Pastikan juga topik blog yang kamu ambil memang senang dibaca oleh pembaca. Contoh topik blog yang sering banyak dibaca orang yaitu : Blog Motor, Blog Makanan, Blog Travel, Blog Teknologi dll.

Gw pernah baca artikel dari internet ada tips untuk memilih topik blog yang akan kamu pilih. Sederhana saja kalian cukup jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini :

  • Apa hobi kamu ?
  • Pekerjaan apa yang sudah kamu kerjakan dan kamu enjoy dengan pekerjaan tersebut ?
  • Pengalaman apa saja yang sudah kamu miliki?
  • Keahlian apa yang sudah kamu kuasai?
  • Keahlian apa yang kamu belum kuasai tapi ingin mempelajarinya?

Jika kalian bisa jawab pertanyaan diatas tentu salah satu topik blog bisa dipilih ketika kalian sudah menjawab pertanyaan tersebut.

Nah sudah tahu kan sekarang apa aja yang mesti kalian pelajari dan persiapkan dari sekarang. Mohon dimaklumi ya kalo misalkan tulisan artikel yang gw buat kurang informatif atau kurang akurat. Kemungkinan dari website – website gw lampirin sudah ada update dari para pemilik website. Untuk artikel berikutnya yang akan gw bahas mengenai Plugin rekomendasi untuk WordPress agar website kamu semakin canggih dan terupdate.

 

 

Salam Cungkring 🙂

Share:
Category:Tulisan Harian
NEXT POST
Plugin Rekomendasi Yang Bisa Digunakan Untuk WordPress Kalian Gratis !!

0 Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: