15 49.0138 8.38624 1 1 4000 1 http://topan.web.id 300

Menjadi Orang Cerdas Cara Meminjam dan Mendanai Pinjaman di P2P Lending Marketplace Investree

Bagaimana sih cara kerja Peer-to-Peer Lending

How it Works : Source : Investree.id

Familiar dengan situasi ini? — Seorang teman ingin meminjam kepada Anda tapi segan. Ia lalu memutuskan meminta bantuan kepada bank namun terkendala persyaratan yang rumit. Di sisi lain, Anda memiliki dana berlebih tapi enggan meminjamkan karena merasa waswas. Peer-to-peer lending (P2PL) ada untuk memecahkan masalah tersebut. Tanpa perantara bank atau lembaga finansial lainnya, P2PL merupakan praktik meminjam dan memberikan pinjaman secara online melalui sebuah wadah yang disebut marketplace.

Mengajukan pinjaman atau mendanai dengan orang lain yang bukan teman menjadi poin penting dari keberadaan kami. Investree akan membantu mengamankan hubungan antara Borrower dan Lender sehingga keduanya dapat sama-sama menikmati keuntungan; pinjaman berbunga kompetitif untuk Borrower dan return terbaik untuk Lender.

Apa Itu Peer-to-Peer Marketplace ?

P2P Lending Marketplace

Apa yang muncul di benak Anda ketika mendengar kata marketplace? Seperti pasar barang antik atau bursa mobil murah? Peer-to-peer marketplace tak jauh berbeda, hanya saja berbasis onlinePeer-to-peer marketplace merupakan suatu wadah yang mempertemukan banyak orang yang membutuhkan pinjaman dengan banyak orang lainnya yang bersedia memberikan pinjaman.

Peran Investree adalah menjalankan marketplace tersebut. Bagaikan pusat perbelanjaan, tugas kami adalah menyediakan ruang eksklusif bagi para penjual dan pembeli untuk saling bertemu. Tak hanya itu, kami juga menyeleksi, menganalisis, dan menyetujui aplikasi pinjaman yang diajukan oleh Borrower agar menghasilkan pendanaan yang berkualitas untuk ditawarkan kepada para Pendana.

Bagaimana Cara Kerjanya ?


Interest Rates and Fees

Tingkat dan Biaya Suku Bunga

Transparan. Tanpa biaya tambahan apapun.

Bebas biaya pendaftaran maupun pengajuan pinjaman. Beban biaya hanya berlaku ketika pinjaman Anda berhasil didanai oleh para Pendana. Bagi Anda yang sedang memiliki kebutuhan pembiayaan, pelajari terlebih dahulu biaya-biaya yang akan dibebankan saat Anda telah berstatus “Disbursed”.

Begitu juga dengan Pendana, hanya pokok pendanaan dan bunga yang akan Anda terima sepenuhnya.

Biaya Bunga

Biaya bunga akan mengacu pada tingkat risiko yang dihasilkan dari proses credit-scoring oleh Tim Analis Investree. Saat Calon Borrower mengajukan aplikasi pinjaman, Investree secara otomatis akan menganalisis setiap data, dokumen, dan keterangan lainnya yang diajukan oleh Calon Borrower. Hasil analisis tersebut akan menghasilkan loan grade sebagai penentu tingkat dan biaya bunga yang harus dibayarkan oleh Borrower.

Bagaimana Tahapannya : Source Investree.id

Risk Grade di Investree

Pinjaman Bisnis

Invoice Financing Per Annum Risk
A1 14 % Low Risk
A2 16 % Low Risk
A3 18 % Low to Medium Risk
B1 16 % Low to Medium Risk
B2 18 % Medium Risk
B3 19 % Medium to High Risk
C1 18 % Medium to High Risk
C2 19 % High Risk
C3 20 % High Risk

Pinjaman Personal

Employee Loan Per Month Risk
A1 0.90 % Low Risk
A2 0.95 % Low Risk
A3 1.00 % Low to Medium Risk
B1 1.10 % Low to Medium Risk
B2 1.20 % Medium Risk
B3 1.45 % Medium to High Risk
C1 1.70 % Medium to High Risk
C2 1.95 % High Risk
C3 2.20 % High Risk

Biaya Platform

Investree membebankan Biaya Platform sebesar 3% – 5% tergantung pada loan grade yang diberikan kepada setiap aplikasi pinjaman. Harga akan dikenakan secara otomatis ketika pinjaman dicairkan kepada Borrower.

Biaya Keterlambatan

Apabila Borrower mengalami keterlambatan dalam membaya pinjaman atau tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, Investree akan membebankan Biaya Keterlambatan per harinya.

Biaya Asuransi

Khusus untuk Employee Loan atau Pembiayaan Karyawan, Investree mewajibkan Borrower untuk berpartisipasi pada asuransi jiwa kredit, berfungsi untuk mengambil alih kewajiban Borrower terhadap Pendana ketika terjadi keadaan kahar yang tidak diinginkan.

Denda Pembatalan Pinjaman

Investree akan membebankan denda apabila Borrower membatalkan pinjaman. Jika pembatalan pinjaman dilakukan setelah pemberi pinjaman berpartisipasi, maka Borrower dikenakan denda sebesar 1% dari nilai pinjaman atau maksimal Rp 2.500.000 ditambah 50% dari nilai bunga, terhitung sejak tanggal pembatalan sampai dengan tanggal jatuh tempo pinjaman. Sebaliknya, jika pembatalan pinjaman dilakukan sebelum pemberi pinjaman berpartisipasi, maka Borrower tidak dikenakan denda, partisipasi dari masing-masing pemberi pinjaman pun akan dikembalikan. Denda ini berlaku untuk Pinjaman Bisnis dan Pinjaman Personal.

Denda Pembayaran Dipercepat

Investree tidak membebankan denda terhadap pembayaran dipercepat untuk produk Pinjaman Bisnis, namun Borrower memiliki kewajiban untuk membayar bunga senilai nominal yang telah disepakati di awal sebagai bentuk komitmen kepada para pemberi pinjaman. Denda pembayaran dipercepat hanya akan dibebankan kepada Borrower untuk produk Pinjaman Personal sebesar dua bulan bunga.

Darimana Investree Memperoleh Keuntungan ?

Investree

Investree

Sejalan dengan misi Investree yang terbuka, aman, dan mudah, kami merasa tidak ada yang perlu disembunyikan termasuk tentang keuntungan perusahaan. Dalam prosesnya, kami membebankan Borrower dengan biaya pinjaman yang rendah dan transparan sehingga dapat diperoleh bunga yang kompetitif. Selain itu, kami juga tidak membebankan biaya apapun kepada Lender yang meminjamkan dananya.

Biaya untuk Borrower berasal dari tingkat perbedaan yang rendah antara jumlah yang dibayarkan oleh Borrower dan jumlah keuntungan Lender, disebut dengan origination fee. Biaya tersebut sudah termasuk dalam tingkat bunga yang didapat oleh Borrower sehingga bebas pungutan tersembunyi.

Investree P2P Lending Marketplace

Ingin tahun lebih lanjut tentang Investree ? Klik Disini

 

Share:
Category:Tulisan Harian
PREVIOUS POST
Review Helm Zeus ZS-813
NEXT POST
Panduan Hero Vexana Mobile Legends – Bang Bang

0 Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: