Ada baiknya jika kita dapat menggunakan kaidah dan prinsi desain website modern pada website Kalian agar sesuai dengan perkembangan era digital dan kebutuhan terkini.

Prinsip desain website modern tentu memliki keuntungan tersendiri, salah satunya adalah membuat website yang responsive sehingga pengunjung website Anda bisa cross device tidak mengalami kesulitan ketika mengakses website kalian. Jika website kalian saat ini hanya bergantung pada pengguna device dekstop saja sangat disayangkan sekali. Seperti yang kita ketahui bahwa penetrasi pengguna internet di Indonesia ini sangatlah pesat perkembangannya. Berdasarkan survey APJII 2017 pertumbuhan pengguna smartphone di Indonesia kurang lebih mencapai 95 juta pengguna smartphone.

Bisa kalian bayangkan betapa besarnya peluang kalian untuk memanfaatkan calon pengunjung website kalian. Jadi semaksimal mungkin website yang kalian buat pastikan responsive ya.

Berikut adalah beberapa kaidah dan prinsi desain website modern:

  1. Menggunakan Standar Teknologi Terbaru, jika kita berbicara mengenai teknologi website tentu urusan design pastikan kalian menggunakan kode HTML5 dan CSS3 atau kode terbaru dalam mendukung desain website yang kalian buat.
  2. Validasi HTML dan CSS, nah setelah kalian buat struktur HTML dan CSS dengan baik tentu kita harus lakukan verifikasi terlebih dahulu melalui situs validator w3. Pada situs tersebut biasanya akan direkomendasikan untuk kesalahan-kesalahan kita dalam penulisan struktur kodingan html dan css kita.
  3. Cepat dan Ringan Ketika Diakases, siapa yang gak mau kalau website kalian ketika dikunjungi orang itu gak lemot alias cepat diakses. Optimasi ini biasanya berhubungan dengan aset gambar yang di-load pada website kalian. Jadi pastikan aset gambar yang kalian load ini sudah dalam ukuran yang optimal.
  4. Desain Simple Tapi Keren, Sebagai salah satu contoh yaitu memilih menggunakan flat desain dengan dilengkapi web font Google agar keren.
  5. Gunakan skema warna. Sebuah website tentu tidak akan bagus jika tidak menggunakan skema warna yang jelas. Jadi pastikan Anda memilih pewarnaan yang baik, hal ini tentu akan membantu untuk meningkatkan keterbacaan. Misalnya, jangan menggunakan tulisan berwarna coklat pada backgroundhitam, akan lebih baik menggunakan teks yang lebih terang seperti warna putih atau kuning jika backround nya hitam atau gelap.
  6. Mudah di modifikasi dan di-update. Membuat website dengan sistem template, sehingga layout dan konten website dapat dipisahkan dan menjadi lebih mudah untuk dimodifikasi. Ada baiknya menggunakan alur kerja (workflow) yang jelas agar Anda bisa memisah antara versi pengembangan dan produksi.
  7. Kompatibel dan lintas browser. Misalnya menggunakan CSS dan Javascript untuk mereset HTML sehingga tampilan web konsisten di berbagai jenis browser.
  8. Mobile friendly. Misalnya dengan menggunakan desain web responsive untuk melayani pengunjung yang menggunakan berbagai macam ukuran layar.
  9. SEO friendly. Salah satu caranya kode HTML yang dilengkapi dengan Structured Data Markup semenjak awal proses desain.
  10. Siap untuk di-monetize. Misalnya dengan menyiapkan ruang untuk peletakan banner iklan sejak awal pembuatan website.
  11. Tidak banyak popup. Website modern tidak menggunakan terlalu banyak popup namun mengunakan popup sewajarnya saja dengan tujuan yang informatif, bukan sekedar untuk iklan.
  12. Mendukung social marketing. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan widget atau ikon share ke berbagai sosial media populer.
  13. Konten informatif dan fokus pada pengunjung. Misalnya dengan memberikan informasi yang akurat, menggunakan teks informasi yang cukup lengkap, disertai dengan gambar pendukung ataupun video.
  14. Struktur navigasi yang baik. Misalnya menggunakan sistem menu terkategori dan menyediakan breadcrumb untuk navigasi sehingga pengunjung tidak bingung. Selain itu konsisten dalam menempatkan navigasi.
  15. Fitur dan fungsionalitas yang jelas. Misalnya menyediakan form kontak dan login bagi para pengguna, menyediakan form kontak agar pengunjung bisa mengirimkan pesan kepada pemilik website.

Sumber :
jurnalweb.com

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here