Diskusi yang lebih baik dengan rekan kerja dalam sebuah perusahaan maupun kerja tim, kalian coba gunakan salah satuk aplikasi chatting ini khusus untuk startup maupun perusahaan.

Kalian berpikir bahwa aplikasi chatting seperti WhatsApp, LINE atau Telegram dirasa sudah cukup. Namun, seringkali jika saat berdiskusi dengan tim lebih dari sekedar “obrolan” saja. Kalian perlu mengirim berkas, meminta pendapat seperti polling, membagi diskusi antar grup tertentu, dan apapun yang berhubungan dengan komunikasi antar rekan kerja.

Gak kebayangkan jika kita hanya menggunakan aplikasi chatting biasa yang sehari – hari kita gunakan. Akan ada berapa group yang harus kalian buat, dan bagaimana cara memonitoringnya sementara banyak percakapan lainnya yang muncul.

Nah aplikasi chatting untuk sebuah perusahaan atau kerja tim biasanya sudah hadir berdasar perusahaan itu sendiri. Yang di dalamnya, kalian bisa membuat channel atau ruang obrolan seperti private group, public group. Dengan begitu percakapan kalian pun akan lebih termonitoring dengan baik.

Aplikasi ini juga biasanya mendukung integrasi dengan layanan penyimpanan cloud atau pihak ke 3 lainnya. Contohnya aplikasi To-do, pengolah dokumen, dll. Pengalaman pribadi aplikasi chatting ini saya baru rasakan ketika masuk sebuah perusahaan startup.

Rekomendasi Aplikasi Chatting untuk Perusahaan atau Kerja Tim

Slack

Tentu saja Slack merupakan salah satu aplikasi pertama yang saya pernah gunakan di sebuah perusahaan Fintech P2P. Aplikasi ini paling populer untuk kebutuhan ini selain mendukung channel diskusi berbada untuk setiap timnya, Slack juga support fitur video chatting, screen sharing, polling, dll.

Aplikasi ini juga populer karena adanya fungsi bot sebagai sarana integrasi dan otmatisasi layanan. Di sisi lain, aplikasi ini sangat mengasyikan karena memanfaatkan emoji sebagai salah satu sarana komunikasi. Aplikasi ini tersedua secara gratis dan bisa di upgrade ke versi Pro untuk fitur yang jauh lebih berguna. Selain itu aplikasi ini juga tersedia untuk berbagai platform, seperti browser, windows, macOs, Linux, Android, dan iOS.

Penasaran dengan aplikasi Slack ini ? langsung aja download aplikasinya dibawah ini:

Microsoft Teams

Microsoft sudah terkenal dengan program atau aplikasi untuk bisnis dan produktivitas. Microsoft Teams merupakan jembatan ke berbagai layanan itu melalui obrolan.

Aplikasi ini juga mendukung kanal obrolan, obrolan dengan sistem thread (komentar), video chatting(dan merekam sesi tersebut), dan tentu saja ke layanan dokumen dari Microsoft lain.

Microsoft Teams bisa kamu gunakan secara gratis. Tapi kalau kamu menggunakan Office 365, integrasi terhadap aplikasi ini akan menjadi berlipat ganda. Teams juga tersedia untuk berbagai platform.

Workplace Chat

Workplace Chat merupakan aplikasi dari Facebook di bawah bendera layanan bisnis Workplace. Mungkin sekarang bukan aplikasi yang sangat populer. Namun berguna mengingat Facebook memiliki platform yang luas.

Workplace Chat mendukung berbagai fitur. Di antaranya: Video chat, grup, channel berita, skema organisasi, live video, dan integrasi ke layanan lain.

Aplikasi ini bisa kalian pakai secara gratis dan tersedia untuk berbagai platform. kalian juga bisa upgrade ke versi Pro untuk mendapat fitur lebih (Enterprise).

Hangouts Chat

Google memang “membunuh” aplikasi Hangouts. Tapi mereka mengalihkannya menjadi aplikasi chatting untuk organisasi di bawah bendera G Suite (layanan bisnis dari Google).

Hangouts Chat juga mendukung kanal obrolan, diskusi berbasisthread (komentar), bots, dan tentunya integrasi dengan layanan G Suite lain seperti Drive, Docs, Sheets, Hangouts Meet, dll.

Aplikasi ini juga tersedia untuk berbagai platform. Namun, karena aplikasi ini masuk di dalam G Suite, Hangouts Chat merupakan aplikasi komersial alias berbayar.

Twist

Twist adalah aplikasi chatting untuk organisasi dari pembuat aplikasi Todoist. Nama yang sudah terkenal di dunia produktivitas.

Twist mendukung kanal obrolan, obrolan berbasis thread, mendukung bot dari Zapier, dan integrasi ke layanan lain, termasuk Todoist sendiri (tentu saja).

Aplikasi ini bisa kalian pake secara gratis dengan batasan tertentu. Untuk fitur lebih banyak, kalian bisa upgrade ke versi Pro (Unlimited). Twist juga tersedia untuk berbagai platform.

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here