Bulan suci ramadhan menjadi salah satu rintangan yang bisa dilewati sebagai umat muslim. Untuk bisa melewati semua rintangan ini kita harus tahan godaan dan harus tetap kuat dan sehat. Jika ingin puasa kita tetap optimal dan lancar, kalian harus rajin-rajin menjaga kesehatan tentunya. Berikut ini langkah – langkah yang dapat kalian lakukan ketika berpuasa.

Jangan makan – makanan berat pada waktu sahur.

Hindari makanan sahur yang berlemak dan bersantan, karena hal tersebut dapat menyebabkan kita begah pada saat pagi hari. Kebiasaan ini dapat menyebabkan sakit perut lho, karena kondisi kita saat bangun tidur dan sebelumnya makanan berat bisa meningkatkan asam lambung. Kita seharusnya makan pada saat sahur dengan sewajarnya, seperti makan lauk sayur atau ikan dengan porsi secukupnya. Hal ini dapat membuat kalian tetap bugar selama berpuasa.

Perbanyak Makanan Berserat

Makanlah makanan berserat seperti buah, sayuran, dan biji-bijian. Makanan ini sangat bagus untuk pencernaan kita sehingga tidak ada kotoran yang menumpuk dibagian pencernaan kalian. Makanan berserat juga mempunya kecenderungan memberikan efek kenyang pada waktu yang cukup lama.

Tetap Berolahraga

Kesehatan jasmani saat puasa adalah hal yang penting ketika puasa. Agar tetap sehat lakukan olahraga ringan seperti berjalab kaki atau bersepeda. Sebaiknya hal itu dilakukan setelah berpuka puasa karena nanti jika terlalu serius berolahraga malah dapat membatalkan puasa. Jangan terlalu memaksakan diri juga ya, dengan berolahraga ringan ini akan memberikan manfaat untuk kita menjaga kesehata jasmani serta melancarkan aliran darah kalian. Misalnya kita berjalan kaki menuju masjid untuk shalat tarawih.

Banyak Minum Air Putih

Dalam sehari manusia itu membutuhkan setidaknya 2 liter air atau setara 8 gelas. Air putih berguna untuk memenuhi cairan tubuh. Untuk menghindari dehidrasi pada saat berpuasa maka kita harus pintar-pintar mengatur jumlah air yang kita minum. Jika kita minum terlalu banyak saat sahur tentunya dapat membuat kita susah beraktivitas pada pagi hari walaupun pada saat buka. Jadi jangan terlalu banyak minum ya, ingat cukup 8 gelas saja.

Jangan makan berlebih pada saat buka puasa

Terlalu banyak lauk dan beragamnya sayur kadang membuat kita makan menjadi berlebih. Dengan kondisi perut yang kosong selama puasa dapat mengakibatkan menumpuknya gas berlebih atau asam lambung yang meningkat secara drastis. Makan terlalu kenyang akan membuat kita ngantuk. Sehingga aktifitas yang akan kalian lakukan setelah berbuka puasa seperti shalat tarawih dll menjadi terganggu, jadi sebisa mungkin makanlah dengan secukupnya ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here