Kalian tahu bahwa Android Pie dirilis pada bulan Agustus lalu secara bertahap diaplikasikan ke berbagai perangkat. Sistem operasi Android merupakan sistem operasi perangkat mobile yang sangat populer mungkin no 1 di dunia.

Sementara itu, Android 9 Pie merupakan versi terbaru dari perangkat lunak yang jauh lebih canggih daripada pendahulunya, Android 8 Oreo dan lain sebagainya.

source : The Verge

Adaptive Battery dan Adaptive Brightness

Adaptive Battery merupakan kemampuan untuk mengambil daya dari aplikasi yang tidak digunakan. Kemudian daya tersebut akan diarahkan ke aplikasi yang tengah digunakan pengguna smartphone.

Sementara itu, Adaptive Brightness memungkinkan tampilan smartphone secara otomatis dapat menyesuaikan tergantung kondisi di sekitar.

Lihat Lebih Banyak Hal dalam Sekejap

Perangkat Google Pixel selama ini memang mempunyai tampilan ambient, dimana tampilan tersebut dapat memberitahu waktu serta menampilkan ikon untuk setiap notifikasi yang telah diterima.

Namun dalam Android 9 Pie layar akan selalu aktif memberi tahu pengguna, baik itu mengenai cuaca maupun hal lain. Selain itu, tampilan presentasi bateras Android Pie 9 berada di bagian bawah.

Kecemerlangan Bluetooth

Android 9 Pie bisa mengingat preferensi volume untuk perangkat Bluetooth. Hal ini berarti pengguna tidak akan dikagetkan oleh suara yang sangat kencang, ketika mereka mengenakan headphone.

Sistem operasi akan mengingat volume yang pas bagi pengguna, serta tidak akan diubah berdasarkan level media ponsel pengguna.

Rotasi Sesuai Keinginan

Android 9 Pie kini mempunyai sebuah toggle, yang memungkinkan pengguna untuk mengunci rotasi perangkat lunak.

Hal tersebut berarti perangkat lunak akan tetap mempertahankan rotasi, walaupun smartphone dalam keadaan terbalik.

Pemberitahuan yang Tidak Diinginkan Lebih Mudah Diabaikan

Selama peluncuran Android 9 Pie, Google selalu mengatakan tentang peningkatan sistem operasi mereka yang memanfaatkan Artificial Intelligence (AI).

Inilah yang membuat Android 9 Pie menjadi sistem operasi yang cerdas. AI tidak akan membiarkan pengguna smartphone sibuk menghapus notifikasi tidak penting.

AI akan melihat pergerakan pengguna, ketika mereka selalu mengabaikan notifikasi dari aplikasi yang sama. Kemudian dia akan bertanya pada pengguna, apakah ingin memblokir semua notifikasi atau tidak.

Bisa Tentukan Waktu yang Dihabiskan untuk Smartphone

Digital Wellbeing merupakan fitur dalam Android 9 Pie yang paling berguna. Fitur ini bekerja dengan sistem yang hampir sama seperti Screen Time dalam iOS.

Digital Wellbeing memungkinkan pengguna untuk mengatur waktu penggunaan aplikasi tertentu, serta mengaktifkan mode ‘Don’t Disturb.’

Mengambil dan Mengedit Tangkapan Layar Lebih Mudah dari Sebelumnya

Mengambil tangkapan layar dengan Android 9 Pie dapat dilakukan dengan terus menekan tombol Home. Setelah cukup lama ditekan, akan muncul prompt untuk menangkap apa yang sedang ditampilkan di layar.

Setelah menekan tombol, akan muncul pemberitahuan bahwa tangkapan layar sudah diambil. Setelah itu, pengguna mempunyai opsi untuk mengedit gambar atau tidak.

Navigasi Smartphone Semakin Mudah

Android 9 Pie telah memperkenalkan navigasi menggunakan gerakan. Ini berarti, pengguna dapat leluasa mengoperasikan perangkat lunak Google dengan satu tangan.

Google sadar, kini ukuran smartphone menjadi semakin tinggi. Oleh karena itu, semakin sulit pula menggunakan smartphone hanya dengan satu tangan. Inilah yang membuat Google memperkenalkan navigasi gerakan pada Android 9 Pie.

Sumber

Iklan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here