Shared hosting merupakan jenis hosting yang cocok digunakan bagi pemula yang memiliki website dengan trafik yang belum begitu tinggi. Biasanya website yang digunakan pada layanan shared hosting ini seperti blog pribadi, website company profile atau landing page produk.

Secara resource, shared hosting memiliki resource yang cukup terbatas. Namun keuntungan dengan menggunakan layanan shared hosting ini tentunya mudah digunakan, karena banyakannya proses teknis di bantu oleh pihak provider hosting.

Lalu bedanya dengan Cloud Hosting apa ?

Cloud hosting merupakan jenis hosting yang cocok digunakan untuk website yang membutuhkan resource yang lebih besar. Resource yang dimaksud seperti diskspace, bandwith, RAM, dll.

Cloud hosting juga merupakan pilihan paling tepat untuk kalian jika memiliki website dengan trafik yang tinggi. Jadi jangan khawatir meski mendapatkan resource yang lebih banyak dibandingkan dengan shared hosting, tapi cloud hosting juga memiliki kemudahan yang sama dengan layanan shared hosting.

Berikut ini adalah perbedaan antara Shared Hosting dengan Cloud Hosting

Shared Hosting

Satu server fisik yang digunakan oleh banyak pengguna secara bersamaan. Sehingga resources yang disediakan tentunya sangat terbatas. Layanan ini sangat cocok dengan trafik website yag masih dalam batas wajar.

Cloud Hosting

Keahlian teknis yang khusus tidak diperlukan pada layanan ini karena sifatnya fully managed. Resources yang lebih besar memungkinkan untuk menampung trafik yang besar.

Arsitektur Cloud hosting

Mengutip dari blog Hostinger , tentang arsitektur cloud hosting berbeda dari proses setup yang biasanya dijalankan di web hosting reguler:

  • Sebagian besar shared hosting menggunakan pendekatan terpusat di mana satu server menjadi rumah bagi banyak website. Namun, jika server mengalami gangguan, maka setiap akun hosting yang berada di bawah naungannya juga akan mengalami hal yang sama.
  • Di sisi lain, pendekatan distribusi yang dilakukan oleh sistem cloud hosting tidak akan mengalami hal serupa. Karena setiap website “didistribusikan” ke beberapa lokasi, maka tidak akan ada masalah downtime jika server pada cluster mengalami gangguan.

Tentang Masa Depan Cloud Hosting

Cloud computing, sangat dibutuhkan oleh masyarakat modern saat ini. Teknologi cloud computing ini mampum membawa dan menggerakan website industri dan bisnis semakin terkenal di dunia. Meski memang porsinya tidak cukup besar, web hosting menjadi batu loncatan bagi cloud.

Jadi, jangan heran jika kalian menemukan bentuk cloud hosting yang menjadi tulang punggung bagi semuanya, mulai dari rekaman kesehatan digital hingga database properti dan perjanjian hukum!

Sumber 1
Sumber 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here