Orientation Week Revou by Topan.

Di zaman seerba digital ini, pemasaran melalui media digital memang sangat penting. Penumpang angkutan umum di jalan misalnya, sekarang sudah tidak melihat billboard kanan-kiri di pinggir jalan lagi. Malah cenderung fokus pada smartphone-nya masing-masing untuk mengakses berbagai jenis informasi yang tersedia di Internet. Pemasaran secara tradisional yang kita ketahui media yang digunakan seperti TV, Radio, Koran, Majalah, Billboards, Brosur, Surat mungkin saat ini sudah tidak terlalu efektif lagi, karena sudah beralih ke sarana teknologi komunikasi yang terkini.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi kepada pembaca disini mengenai ilmu digital marketing yang saya dapat dari mengikuti kelas Orientation Week dari Revou.

sosial media alat komunikasi terkini

Perbedaan utama saluran pemasaran online

Nah perbedaan utama saluran pemasaran online ini terbagi 2 jenis yaitu :

  1. Acquisition
    Mengakusisi pelanggan baru, seperti pertama kali pelanggan kita membeli produk kita, daftar newsletter, pembuatan akun dalam platform kita, ataupun menginstall aplikasi kita.
    Contoh saluran pemasaran online yang digunakan :
    Content marketing
    Search Engine Optimization (SEO)
    Paid Search
    – Display Advertising
    – Retargeted Ads
    – Paid and Organic Social Media
    – Website landing pages
  2. Retention
    Mempertahankan pelanggan yang sudah ada seperti cross-up selling produk kita maupun layanan kita, Me-manage pelanggan kita agar tetap aware dan engage terhadap produk yang kita miliki. Contoh saluran pemasaran online yang digunakan :
    Customer Relationship Management (CRM)
    Email Direct Marketing
    – Push Notification
    (Apps/Browser)
    Retargeted Ads
    – On-site web and app management

Selain itu saluran pemasaran online juga dibedakan menjadi 2 yaitu Organic Channels dan Paid Channels. Lalu apa perbedaannya dari kedua ini ? simak dibawah ini:

  1. Organic Channels
    Oganic Channels berarti kita menggunakan saluran yang tidak secara langsung mengharuskan kita membayar untuk setiap kunjungan contoh klik ke web atau aplikasi kita contoh saluran yang dapat kita gunakan misalnya:
    Content Marketing
    – Public Relation
    – Search Engine Optimization (SEO)
    – Social Media Posts
    – Email Marketing
    – Push Notification (Apps/Browser)
  2. Paid Channels
    Paid Channels berarti kita menggunakan saluran yang secara langsung mengharuskan kita membayar untuk setiap kunjungan contoh klik ke web atau aplikasi kita contoh saluran yang dapat kita gunakan misalnya:
    Search Engine Marketing (Google)
    Display Ads
    Social Media Ads (Facebook/Instagram)
    Retarteging Ads

Namun terdapat 3 Faktor yang dapat kita pertimbangkan dalam memilih saluran periklanan secara online:

  1. Scalability
    Scalability adalah kemampuan suatu sistem, jaringan, atau proses untuk menangani jumlah pekerjaan yang terus bertambah, atau potensi untuk diperbesar guna mengakomodasi pertumbuhan tersebut. (Sumber)
    Jadi seberapa besar saluran pemasaran yang kalian gunakan ? berapa banyak orang yang bisa kalian jangkau?. Saat ini saluran iklan terbesar ada Google dan Facebook.
  2. Targeting
    Semakin banyak audiens yang ditargetkan oleh kita, dan kita dapat menyesuaikan pesan yang ingin disampaikan pada audiens yang kita target. 
    Terdapat 2 jenis tipe penargetan ini :
    1. Behaviour (Pull Marketing)
    Menargetkan orang berdasarkan niat mereka untuk membeli produk atau layanan tertentu melalui suatu tindakan. Biasanya saluran iklan yang paling cocok digunakan dengan targeting ini adalah Google.
    2. Demographic (Push Marketing)
    Targetkan pelanggan potensial berdasarkan demografi seperti lokasi, umur, jenis kelamin dan minat. Biasanya saluran iklan yang paling cocok digunakan dengan targeting ini adalah Facebook dan Instagram.
  3. Customer Acquisition Cost (CAC)
    Jika kita ingin membangu sebuah perusahaan startup, punya tim yang solid dan produk pun tinggal menunggu pemasaran di pasar yang tepat. Langsung eksekusi namun sayangnya banyak perusahaan startup yang gagal bukan karena produk yang mereka jual tidak laku atau pasarnya yang tidak cocok melainkan biaya pemasaran produk yang tidak dapat diimbangi dengan jumlah pelanggan yang didapat.
    Maka dari itu pentingnya Customer Acquisition Cost (CAC). Customer Acquisition Cost adalah jumlah uang yang harus dikeluarkan sebuah perusahaan untuk menarik sejumlah pelanggan baru. CAC sendiri berlaku pada pelanggan yang hanya melakukan transaksi sekali. CAC dapat dihitung dengan rumus berikut: (Sumber)
Rumus Costumer Acquisition Cost

Dari setiap saluran yang ingin kita gunakan tentunya akan merujuk kepada 3 faktor diatas. Misalnya kita coba bahas mengenai Organic Channels terhadap 3 faktor diatas:

  1. Email Marketing (CRM)memiliki fungsi untuk pengguna email dapat berinteraksi dengan pelanggan potensial dan maupun pelanggan existing. Terutama sebagai strategi retensi pelanggan.
    Email Campaignsendiri terbagi menjadi 2 yaitu Newsletter dan Drip.
    Newsletter Campaign: Email yang secara teratur dikirim ke daftar pelanggan perusahaan, biasanya konten informasi yang dapat ditelusuri dan dibaca oleh pelanggan.
    Drip Campaign: Email yang seacara teratur dikirim kepada pelanggan terdaftar seperti notifikasi email, contohnya welcoming email yang mana kita mendapatkan email kita ketika kita mendaftar pada platform aplikasi tertentu, Up/cross-selling email yang mana kita dapat mengirimkan penawaran produk lain ke existing customer.
    Ringkasan:
    Scalability : Dalam saluran Email Marketing ini memiliki tingkat pertengahan dikarenakan tumbuhnya pelanggan dalam saluran pemasaran ini tergantung dari sisi database internal (email) kita.
    Targeting: Kita dapat menargetkan sesuai dengan minat dan demographic pelanggan kita dalam saluran pemasaran ini.
    CAC: Namun dalam saluran pemasaran ini memiliki CAC yang rendah dikarenakan tidak perlu banyak biaya yang dikeluarkan dalam menjalankan pemasaran produk pada saluran pemasaran ini.
  2. Search Engine Optimization (SEO)
    SEO merupakan praktik untuk meningkatkan visibilitas website kita di Google Search Engine Page Results (SERPs). Sekitar 93% dari semua traffic web adalah melalui mesin pencari (Source: blueopps) Rata-rata orang melakukan pencarian antara 3 dan 4 kali dalam sehari (Source: Hubspot, MOZ). Hanya 12,6% dari semua klik di Google masuk ke salah satu 100 domain(.com,.net dll)teratas (Source: MOZ). Berdasarkan fakta, Mesin Pencari sangat potensial untuk sumber traffic website.
    Ringkasan:
    – Scalability:
    Dalam saluran SEO ini memiliki tingkat tertinggi dikarenakan SEO bisa kita sebut sebuah Investasi.Pada saat saya mengikuti sebuah event yang cukup besar SEOCON 2020 Reza selaku Lead of SEO Tokopedia menyampaikan bahwa jika Tokopedia organic traffic value sama dengan $3,001,867. Artinya jika kita ingin mencapai traffic yang dimiliki oleh Tokopedia saat ini itu sama saja kita perlu menghabiskan budget iklan sebanyak $3jt. Penilaian Tokopedia organic traffic ini berdasarkan Ahrefs dalam 1 tahun. (PERHATIKAN GAMBAR DIBAWAH)
    Targeting: Kita dapat menargetkan sesuai dengan minat dalam saluran pemasaran ini.
    CAC: Namun dalam saluran pemasaran ini terdapat 2 kondisi CAC bisa rendah jika long term, CAC bisa mahal jika short term. Maksudnya karena SEO itu tidak instan. Jika cari yang instan? gunakan saluran pemasaran SEM :).
Tokopedia Organic Traffic Value source : SEOCON2020

3. Social Media Organic
Ketika sebuah perusahaan memposting konten di halaman Facebook mereka atau Instagram Story, Kita sedang melihat pemasaran media sosial mereka. Ini adalah saluran distribusi konten serta cara untuk terlibat secara proaktif dengan pelanggan.
Ringkasan:
– Scalability: Dalam saluran ini memiliki tingkatan rendah karena dibatasi oleh jumlah follower kita.
– Targeting:
Kita dapat menargetkan sesuai dengan demographic pelanggan kita dalam saluran pemasaran ini.
– CAC:
Namun dalam saluran pemasaran ini memiliki CAC yang rendah dikarenakan tidak perlu banyak biaya yang dikeluarkan dalam menjalankan pemasaran produk pada saluran pemasaran ini.

Dalam artikel ini saya tidak menjelaskan mengenai bagaimana dengan Paid Channel.

Digital Marketing Team

Pembahasan yang berikutnya adalah mengenai bagaimana kita membuat sebuah tim digital marketing dalam sebuah perusahaan sesuai dengan spesialisasinya masing-masing.

Jika kita ingin mendalami setiap saluran pemasaran iklan diperlukan keahlian khusus yang perlu kalian dalami. Misalnya :
Google Ads, yang perlu kalian dalami adalah fondasi marketing tentang excel modeling, dengan dasar pengetahuan statistic.

Kemampuan yang harus dimiliki

Jika kita seorang Peformance Marketer berarti saluran pemasaran yang harus kita kuasai yaitu CRM, Google Ads dan Facebook Ads. Jika kita seorang SEO Marketer berarti saluran pemasaran yang harus kita kuasai yaitu SEO dan Content Marketing. Jika kita seorang Social Media Marketer berarti saluran pemasaran yang harus kita kuasai yaitu Content Marketing dan Social Media. Masing-masing memiliki jobdesk yang berbebeda jadi jangan sampai kalian mengerjakan semua ini sendirian ya. Kecuali memang diperlukan dari perusahaan kalian sebagai palugada marketing hahaha.

Kesimpulan

Kesimpulannya RevoU Orientation Week ini sangat membantu saya secara pribadi membuka jalan pikiran yang selama ini stuck gak tahu harus ngapain lagi sebagai specialist atau generalis marketer.

(Visited 53 times, 1 visits today)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.