Google Tag Manager adalah merupakan platform buatan google yang dapat digunakan untuk membantu marketing dalam memasang tag, code atau pixel dari berbagai macam platform seperti Google Analytics, Google Ads, Facebook Ads, LinkedIn Ads dan platform lainnya. Lalu bagaimana cara menginstall Google Tag Manager pada situs kita ? simak tutorialnya dibawah ini:

Akses url tagmanager.google.com lewat browser kalian dan jangan lupa login menggunakan akun google masing-masing ya.

Contoh yang sudah diinstall di situs saya sendiri

Nah karena saya menggunakan WordPress jadi install plugin yang dapat mempermudah untuk menginstall Google Tag Manager ini di situs saya. Plugin yang saya install adalah Google Tag Manager for WordPress gratis bisa kalian search lewat menu plugin.

Lalu balik lagi ke halaman Google Tag Managernya, klik tombol Create Account untuk membuat akun Google Tag Manager yang akan diinstall pada situs kalian.

Create Account

Setelah klik tombol Create Account, Isi form Add a New Account sesuai yang kalian inginkan. Contoh :

Account Setup
Account Name
: TopanDigital
Country : Indonesia
Unchecklist untuk “Share Data anonymously with Google and others” kalau memang kalian ingin berbagi dengan google monggo di checklist.

Account Setup

Lalu pada form berikutnya Container Setup isi dengan nama situs kalian contoh :

Container name : www.topan.web.id
Target platform : Web (saya pilih web karena mau diinstal di website saya sendiri, kalian bisa pilih sesuai target platform yang kalian gunakan)

Container Setup

Lalu klik tombol create setelah itu dibaca dulu terms of servicenya, lalu checklist jika setuju dan klik tombol yes.

Term of services Agreement

Setelah itu kalian akan di redirect ke halaman dashboard Google Tag Manager dan akan muncul pop up mengenai tahap instalasi tag code pada situs kalian seperti gambar dibawah ini.

Dashboard Google Tag Manager

Karena saya menggunakan CMS WordPress untuk instalasi agar lebih mudah pada plugin yang saya gunakan diperlukan Google Tag Manager ID yang kalian dapat temukan pada dashboard Google Tag Manager kalian masing-masing. Contoh Google Tag Manager ID saya adalah GTM-T46XD2B.

Konfigurasi Google Tag Manager for WordPress plugin

Isi Google Tag Manager ID dengan ID GTM kalian masing-masing, lalu untuk container code placement pilih yang paling atas (meskipun tidak direkomendasikan oleh Google) lebih aman kalian bisa cari plugin Insert Header Footer Plugin.

Konfigurasi dengan Insert Headers and Footers Plugin

Kalian bisa copy & paste code script pada dashboard Google Tag Manager kalian masing – masing jangan lupa save konfigurasinya. Setelah itu kembali lagi ke dashboard Googel Tag Manager kalian lalu klik tombol Preview setelah itu akan muncul seperti gambar dibawah ini

Preview Instalation

Lalu akses website kalian masing – masing, jika muncul tampilan seperti dibawah ini, maka Google Tag Manager berhasil diinstal pada situs kalian. Selamat Mencoba CMIIW

Instalation Success

(Visited 281 times, 1 visits today)
Baca Juga  Tentang Conversion Linker pada Google Tag Manager

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.