Malam semuanya, jarang banget nulis artikel nih di blog ini, lama – lama jadi usang ni blog. Jadi gini gw mau share aja waktu itu gw sempet ikutan acaranya Google Partners di Jakarta. Padahal gw bukan dari agency loh, eh kebetulan gw di ajak temen dari cirebon doi gak ada temen buat ikutan traning Execution Excellence Google Partners. Tanpa mikir panjang lebar gw langsung ambil aja kesempatan yang indah ini ciee hahaha. Acaranya ini mengajarkan gw banyak hal tentang bagaimana cara menggunakan Google Adwords yang efektif.

Mengenal istilah ACT di Google Adwords

Sebelumnya ada yang tahu mengenai Google Partners itu apa ?. Google Partners membantu para agency dan praktisi digital dengan menyediakan panduan, training, dan support yang dibutuhkan untuk membantu klien mereka sukses secara online. Masih bingung mengenai Google Partners itu apa ? cek sendiri di Mbah Google yak jawabannya.

ACT

A berarti Ads Creative. Disini kita diajarin mengenai bagaimana kita membuat kreativitas iklan, Apakah iklan yang kita buat ini berupa iklan teks ?, Iklan banner ? atau iklan Video ?. Kalian sendiri yang akan nentuin bagaimana iklan Anda akan diiklankan dan seberapa kreativitas yang kalian miliki. Para suhu Google ini sharing mengenai bagaimana iklan kita memberikan kesan pertama yang terbaik bagi calon pelanggan.

Misalnya begini, jika campaign iklan kita merupakan iklan teks, maka buatlah minimal 3 iklan dengan konten yang berbeda yang berfokus kepada Harga, Kualitas dan Promosi. Sertakan call to action dan gunakan tata bahasa dan ejaan yang profesional. Contoh lainnya kalo kalian buat campaign berupa iklan bergambar. Gunakan semua ukuran yang tersedia untuk memaksimalkan inventory yang ada. Jangan pernah menggunakan gambar yang dapat di-copypaste dari Google. Lalu jangan lupa untuk mematuhi kebijakan editiorial untuk membuat iklan yang profesional seperti; hindari efek kedipan yang berlebihan, gunakan logo yang jelas. Dan yang terakhir kalo iklan kalian berupa iklan Video. Maka buatlah iklan video dengan singkat, padat dan jelas. Contohnya seperti iklan Bumper yang hanya 6 detik saja dapat terbukti sangat efektif. Selalu pastikan iklan Video anda berkualitas dan memiliki high definition supaya kelihatan profesional.

ACT

C berarti Competitive Bidding. Bagaimana sih sebenarnya strategi yang cocok untuk kalian gunakan ?. Apakah menggunakan strategi bidding Manual CPC ?, Enhanced CPC ?, Maximize Clicks ?. Maximize Conversions?, Target CPA, Target ROAS, Target Outranking Share, Target Search Page Location, Nah kalian pilih sendiri mana yang memang cocok untuk kalian beriklan. Kalau kalian bingung dengan istilah-istilah iklan ini bisa search aja di Google yak hahahaha.

Dengan praktik yang baik semua advertiser mempunyai akses tools yang sama. Apa yang harus kalian lakukan untuk memastikan supaya bid kalian masih unggul dari advertiser lainnya. Contoh kalau kalian mengiklan campaign Search yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Fokus pada penjualan
  • Cocok untuk menjual produk yang sudah dikenal
  • Biasanya biaya/klik lebih tinggi
  • Biasanya menghasilkan banyak penjualan
  • Tayang di: Google & Partner Search Sites

Namun jika kalian mengiklan menggunakan campaign Display kalian perhatikan sebagai berikut:

  • Fokus pada branding
  • Cocok untuk memperkenalkan produk baru
  • Biasanya biaya/klik lebih murah
  • Biasanya menghasilkan lebih banyak tayangan
  • Tayang di: Gmail, YouTube, Mobile Apps, Partner Sites.

ACT

T yang terakhir ini merupakan Targeting. Bagaimana kalian membuat target iklan di Google Adwords apakah udah sesuai atau masih belum pas ?.

Kenali lebih jauh untuk target iklan Kalian. Bagaimana kita mengenali audience kita, dari sisi penggunaan bahasanya, Lokasi, Demografis. Lalu apa saja yang mereka cari di Google berdasarkan Topik, Minat, Kata kunci, Placement, dan Audiens. Buatlah asumsi seperti dibawah ini:

Setelah kalian memahami konsep ACT di Google Adwords, tentu ide – ide brillian pun bermunculan ya itu sih baru asumsi gw yah. hahahahah. Ini dia gw ada sedikit share peserta Google Execution Excellence :

Gak usah di cari ya gw ada disebelah mana, gampang kok nyari gw mah gak sulit-sulit amat. Cari aja paling jelek pake baju item hahahaha.

Menerapkan hasil Training Execution Excellence

Latihannya kan udah yah, setelah itu ya gw nerapin dong bagaimana cara optimasi campaignnya. Kebetulan campaign baru yang akan disetup dikantor gw ini campaign SBR003. Dampak dari optimasi campaign tersebut cukup memuaskan meskipun goals nya adalah Register sebagai Investor SBR003. Dan gw ngikut semacam lomba gitu dari Google Partners siapa yang nerapin method-method baru ini di campaignnya akan dapat hadiah. Namun hadiahnya itu yang gw gak tau apaan. Gw ngikutikan aja setup – setup iklannya sesuai yang udah dipelajari di training ini.

GW dapet Sepeda Lipet !!! (Bukan dari Pak Jokowi yaa) dari Google.

Dengan bangga gw dapet hadiah sepeda lipet dari google. Awalnya gw gak tahu sama sekali kalo gw termasuk nominasi Top EE Implementation. Alhamdulillah gw terpilih sebagai Top Execution Excellence Implementation yang diumumin pada acara Buka Bersama Google Partner Sharing Session Learn & Lounge. Acara ini menurut gw cukup seru karena ada band-band mininya, terus ada beberapa permainan yang menarik dan berhadiah pula Voucher MAP.

Gw sangat bersyukur bisa dapat sedikit berbagi mengenai cara implementasi iklan sesuai ajarang para suhu Google. Belajar dan terus belajar biar bisa jadi senior implementation Gooogle Adwords hihihi Aaaamin. Okelah gitu aja paling tulisan MAGABUT malam ini. Mohon maaf kalo misalkan tulisan kali ini bener – bener menggunakan bahasa yang lumrah. Oh iyah karena bentar lagi mau lebaran. Mohon Maaf lahir dan batin ya semuanya.

Tulisan berikutnya palingan gw mau review mengenai games yang baru gw beli 2 hari yang lalu yaitu Tom Clancy The Division’s meskipun udah banyak reviewer di luar sana. Tapi ya review gw mah ecek-ecek dengan bahasa seadanya aja.

Salam Cungkring,

 

😛

Leave a Reply