Saat ini sosial media tidak hanya dijadikan sebagai media untuk bersosialisasi, hiburan dan informasi tapi juga dijadikan sebagai tempat usaha. Kepopuleran sosial media dikalangan masyarakat saat ini tentu saja menjadi incaran utama para pengusaha dalam melakukan ekspansi terhadap bisnis mereka karena jangkauan sosial media yang luas dan tidak terbatas.

Tren berjualan lewat sosial media saat ini telah banyak merubah gaya hidup masyarakat. Tidak hanya dinilai lebih mudah dan praktis tapi juga produk yang ditawarkan juga lebih menarik. Fitur-fitur canggih yang ditawarkan oleh setiap sosial media dinilai lebih memudahkan proses promosi sampai pembelian produk. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin merambah bisnis online.

Diantara banyaknya sosial media saat ini, Facebook dan Instagram adalah 2 sosial media yang paling menonjol untuk dimanfaatkan sebagai media baik untuk promosi atau berjualan online. Hal ini dipengaruhi oleh jumlah pengguna aktif kedua sosial media ini yang cukup banyak dibandingkan sosial media lainnya sehingga menjadikan keduanya sebagai sosial media dengan jumlah akun bisnis online terbanyak.

Di Indonesia sendiri pengguna aktif facebook terhitung sebanyak 88 juta pada tahun 2016 sedangkan pengguna aktif instagram adalah 22 juta pada tahun 2016 dan jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah pada keduanya. Kedua sosial media ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung dari penggunaannya dan jenis bisnis yang dipilih.

Jadi sebelum mencoba bisnis online, sebaiknya baca terlebih dahulu penjelasan mengenai perbedaan dan perbandingan antara kelebihan dan kekurangan antara kedua sosial media ini sebagai berikut :

Kelebihan dan Kekurangan Fitur Facebook dan Instagram

  • Image

Walaupun upload image sudah banyak diterapkan di banyak sosial media, tapi kelebihan dari upload image oleh facebook adalah kualitas gambar yang tidak akan berubah. Sehingga detail gambar pada produk akan terlihat lebih jelas, dan tentu dari sisi konsumen ini akan lebih memuaskan karena konsumen dapat melihat kualitas produk hanya dari gambar dan memudahkan mereka dalam membuat keputusan pembelian.

Kekurangan dari fitur upload image pada facebook adalah harus mengedit sendiri foto yang akan diupload dengan perangkat atau software lain, Editorial foto yang dapat diberikan oleh facebook hanyalah crop picture (memotong gambar) dan tag picture (memberi tanda pada gambar).

  • Video

Fitur ini pada awalnya tidak terlalu banyak digunakan di facebook namun, sekarang sudah sering digunakan karena persaingan bisnis online yang semakin banyak dan ketat sehingga menuntut banyak strategi promosi yang kreatif dalam memperkenalkan dan menjual produk.

Kelebihan upload video dari facebook sama seperti image adalah kualitas video tidak akan berubah, bahkan tidak ada batasan durasi pada facebook karena kapasitas yang facebook punya lebih besar dari sosial media lainnya. Kekurangannya adalah Anda harus mengedit melalui aplikasi lain jika ingin memberi efek pada video yang diupload.

  • Fanpage

Dapat dikatakan fanpage adalah fitur terbaik yang ditawarkan oleh Facebook kepada Anda yang ingin membuka bisnis online. Membuat akun fanpage ini pun cukup mudah, salah satu syaratnya adalah harus memiliki akun pribadi pada Facebook terlebih dahulu kemudian selanjutnya bisa membuat akun fanpage ini.

Kelebihan dari fanpage ini untuk bisnis adalah Anda dapat bebas melakukan update terhadap produk tanpa takut tercampur dengan konten pribadi dan tentunya memudahkan para calon konsumen dalam mengetahui informasi mengenai produk Anda. Terdapat beberapa kelebihan lainnya pada akun fanpage ini yaitu:

  1. Jumlah fans yang tidak terbatas.
  2. Dapat ter-indeks oleh search engine
  3. Free tag
  4. Muncul pada newsfeed buyer

Dan yang terpenting adalah tampilan yang ditawarkan oleh fanpage memberikan kesan profesional sehingga memudahkan Anda untuk mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen.

  • Editorial Image

Instagram adalah sosial media pertama yang menggunakan gambar sebagai konten utama, oleh karena itu instagram memiliki berbagai macam jenis efek dan filtrasi yang unik dan lucu yang dapat diterapkan pada gambar yang di akan upload. Jadi Anda tidak perlu repot lagi menggunakan aplikasi lain untuk mengedit foto yang akan diupload.

Kelemahan pada instagram adalah gambar tidak bisa disimpan (didownload) dan harus menggunakan aplikasi lain untuk mendownloadnya. Selain itu kualitas dari gambar yang didownload dari instagram kualitasnya akan menurun, karena instagram menyesuaikan kapasitasnya pada penggunaan di smartphone.

  • Editorial Video

Seperti pada gambar, instagram juga memiliki berbagai efek dan filter unik yang dapat diterapkan pada video yang akan diupload selain itu bisa memotong (cut) durasi  atau bagian yang tidak diinginkan pada video langsung di Instagram.

Kelemahan dari editorial video ini juga terjadi pada gambar, yaitu kualitas dari video akan menurun saat ingin mendownloadnya. Selain itu durasi video yang bisa diupload maksimalnya hanyalah 1 menit saja.

  • Hashtag

Layaknya sebuah keyword pada search engine, fungsi dari hashtag pada instagram tidak jauh berbeda dari sosial media twitter, dengan menggunakan hashtag pengguna dapat langsung masuk ke topik yang ingin dilihat atau dicari. Hashtag ini tentu akan sangat membantu Anda dalam mempromosikan produk.

Cukup dengan mencantumkan hashtag terpopuler pada caption gambar produk yang diupload atau membuat hashtag unik yang hanya dimiliki oleh produk Anda. Tepat mecantumkan hashtag akan mempercepat proses penyebaran informasi mengenai produk.

  • Instastory

Fitur terbaru dari instagram ini menawarkan fitur-fitur tambahan dalam mengedit gambar atau video. Seperti menaruh stiker atau teks tambahan pada konten yang diupload baik gambar ataupun video. Tapi kelemahan dari fitur ini adalah konten yang diupload akan hilang dalam kurun waktu 24 jam dan durasi video yang diupload maksimal hanya 10 detik saja.

Leave a Reply