Pada awal bulan Juli lalu, pihak Google telah mengumumkan bahwa pada browser Google Chrome versi 68 akan mendapatkan update dimana akan memberikan tanda not secure pada website dengan protokol HTTP dan tanda secure untuk website yang menggunakan protokol HTTPS. Nah sekarang website kalian sudah menggunakan protokol HTTPS belum ?.

In Chrome 68, the omnibox will display “Not secure” for all HTTP pages.

Dari pihak developer Google Chrome ingin memberikan rasa kenyamanan pada pengguna untuk mengunjungi website – website yang memang aman untuk penggunanya. Coba kalian bayangkan lebih dari 68% trafik pengguna Google Chrome berasal dari pengguna Android dan Windows sekarang ini sudah terlindungi alias aman. Selain itu lebih dari 78% trafik pengguna Google Chrome berasal dari pengguna Chrome OS dan Mac OS sudah terlindungi alias aman. Terdapat 81 website dari 100 top website telah menggunakan protokol HTTPS secara default.

Gunanya Protokol HTTPS Untuk Kreditibilitas Website Kamu

Source Image : InstanSSL

Lalu apa sih sebenarnya kegunaan protokol HTTPS ini buat website kamu ? dan apa juga keuntungan jika website kita menggunakan protokol HTTPS ?. Balik lagi ke dasar – dasar pemrograman website, tentu sudah tidak asing lagi jika kalian yang senang akan ilmu pemrograman website berbicara tentang HTTP atau Hypertext Transfer Protocol. Protokol HTTP ini bertugas untuk mengatur komunikasi antara client dengan server. Client disini adalah browser yang kalian gunakan. Sudah cukup jelas yang untuk HTTP sendiri, nah lalu apa sih bedanya denga HTTPS ?. Sebenarnya sama saja dengan HTTP namun HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure adalah versi aman dari HTTP. Sedikit berbicara teknis mengenai HTTP ini menggunakan port 80 sedangkan untuk HTTPS port yang digunakan adalah port 443. Jika kalian menggunakan HTTPS tentunya informasi yang kalian tuangkan akan jauh lebih aman karena dilakukan enkripsi terhada pengiriman informasi. Informasi yang dikirim juga hanya dapat diakses oleh client dan server akhir.

Bagaimana Cara Saya Mengaktifkan Fitur HTTPS ?

Source Image : InstanSSL

Wow, setelah kalian tahu kegunaan dari HTTPS sendiri tentunya kalian akan tertarik untuk menggunakan HTTPS untuk website kalian. Kalau kalian ngikutin updatenya Google tentunya SEO website kalian juga ikut naik (spekulasi saya sendiri sih ini hehehehe). Yang perlu dipersiapkan tentunya kalian akan berhubungan dengan yang namanya sertifikat SSL.

Nah kan keluar lagi istilah baru yakni SSL atau Secure Socket Layer. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa HTTPS tentunya melindungi website anda dari serangan orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu dengan mengaktifkan fitur HTTPS tentunya perlu yang namanya SSL. SSL juga akan bekerja dengan membuat suatu jalur terenkripsi antara website dan web browser. Fungsi dan manfaat dari SSL sendiri itu ada 3, pertama untuk melindungi website, kedua informasi data yang dikirim tentunya terenkripsi, ketiga untuk kredibilitas website kalian.

Perlu kalian ketahui juga untuk sertifikat SSL terbagi 3 jenis loh :

  1. Domain Validation

    Source Image : Niagahoster

    Jenis sertifikat ini yang paling mudah digunakan tentunya dan tidak terlalu mahal, biasanya verifikasi data untuk sertifikasi SSL ini cuku dengan alamat email kamu saja. Ya anggaplah ini semacam Private SSL.

  2. Business/Organization Validation

    Source Image : Niagahoster

    Jenis sertifikat SSL yang satu ini tentunya memerlukan beberapa dokumen berupa data organisasi atau perusahaan untuk kebutuhan verifikasi data. SSL ini diperuntukan untuk website organisasi besar atau perusahaan.

  3. Extended Validation

    WarungSSL

    Jenis sertifikat yang terakhir ini bisa diibaratkan sertifikasi SSL Premium karena memiliki nilai prestige yang paling tinggi dibanding sertifikat lainnya. Diperlukan dokumen bisnis dan biaya lebih agar anda dapat menggunakannya, namun kalian juga akan mendapatkan tingkat pengamanan lebih tinggi dan Green Bar pada address bar browser.

Dari ketika jenis SSL diatas tentunya kalian bisa menggunakan Wildcard SSL yang berguna untuk mengamankan domain dan seluruh subdomain dari domain utama kalian (*.domainmu.com), sedangkan sertifikat SSL biasa hanya mengamankan www.domainmu.com dan domainmu.com

Penyedia SSL Certificate terbaik di Indonesia

Jasa Penyedial Seritifkat SSL

Website sudah punya namun bingung beli SSL paling bagus di Indonesia ?. Jika kalian memang menyayangi pengunjung website kalian sekaligus ingin meningkatkan kredibilitas perusahaan maupun website kalian, tentunya SSL Certificate ini adalah suatu keharusan yang mesti di terapkan di website kalian. Apalagi kalau website kalian gudangnya bisnis kalian mencari sesuap nasi, dengan memberikan fitur kenyamanan untuk pengunjung website kalian tentunya menjadi komponen terpenting untuk kalian membangun sebuah bisnis yang kredibel. Lalu siapa sih sebenernya penyedia SSL Certificate terbaik di Indonesia ?. WarungSSL Indonesia, sebagai penyedia SSL Certificate terlengkap di Indonesia. WarungSSL Indonesia telah bekerjasama dengan brand Sertifikat SSL bermutu yang ada di dunia dari beberapa Otoritas Sertikat Global Termuka (CA) :

Mengapa Memilih WarungSSL Indonesia ?

Adanya jaminan 30 hari uang kembali karena WarungSSL mengutamakan kepuasan pelanggannya karena setiap pembelian produk WarungSSL harus dilindungi dan dapat dipastikan sesuai dengan kebutuhan model infrastruktur pelanggan, bahkan saat hal yang tidak diinginkan terjadi.

Selain itu WarungSSL mengutamakan keamanan dan kenyamanan dalam memilih pembayaran, seperti yang kita ketahui dalam dunia e-Commerce proses bertransaksi yang aman, keamanan dalam pembayaran juga bisa jadi faktor penting prioritas tertinggi dari WarungSSL. Keamanan dalam pembayaran yang WarungSSL sediakan telah diakui oleh dunia dan memenuhi Payment Card Industry Data Security Standard (PCI-DSS). Sehingga kalian tidak perlu ragu dalam melakukan transaksi atau pembayaran dengan Warung SSL.

Terdapat 3 Jenis pembayaran yang dapat dilakukan di WarungSSL antaralain :

Paypal : Kalian dapat melakukan pembayaran untuk setiap pembelian SSL Certificate Kalian melalui akun Paypal Kalian. Kalian juga dapat melakukan pembayaran dengan kartu kredit, dengan memilih cara pembayaran Paypal ketika melakukan pembelian.

Bank Transfer : Kalian juga dapat melakukan pembayaran melalui bank transfer. Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer ke rekening Bank Mandiri dan Bank BCA.

Credit Card : WarungSSL juga menyediakan pilihan pembayaran melalui Credit Card (Kartu Kredit) untuk memudahkan Kalian melakukan pembelian SSL Certificate dari situs WarungSSL.

[Sumber : WarungSSL]

Jadi setelah kalian baca tulisan saya diatas, apakah kalian sudah paham mengenai apa bedanya HTTP dengan HTTPS dan bagaimana cara menggunakan SSL sebagai pendukung HTTPS. Jika masih penasaran mengenai apa itu HTTP, apa itu HTTPS, dan apa sih kegunaan SSL jauh lebih dalam lagi. Ada juga sih jawabannya di mbah google yang gudangnya sekuadrantriliun gak ada habis – habisnya.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here