JARVISH, Smart Helmet Dengan Siri dan Layar AR

0
183

Helm merupakan alat pelindung kepala saat berkendara dengan sepeda motor, fungsinya sendiri untuk melindungi kepala kita saat terjadi kecelakaan atau ketika kita terjatuh. Helm akan menghindarkan kepala kita dari benturan aspal, pohon, pembatas jalan dan bahkan kendaraan lain.

Helm juga berfungsi untuk melindungi wajah (khususnya mata) dari angin, debu, kotoran, serta benda lainnya. Seiring bergantinya zaman, helm terus bertransformasi untuk lebih mendukung keselamatan berkendara. Smart Helmet tampaknya seperti salah satu ide yang menakjubkan namun belum ada progress menjadi kenyataan. 

Jika Anda pernah menonton Iron Man pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Jarvis, ya Jarvis adalah asisten digital dari Tony Stark. Jarvis sendiri merupakan sebuah software komputer yang melakukan perintah dengan input berupa suara dan display hologram. Sayangnya teknologi ini hanya sebatas rekaya film saja.

Namun teknologi jarvis perlahan mulai ada dengan bermunculannya software-software yang dijalankan dengan voice command, seperti Google Asistant, Siri dan lainnya.

Jarvish yang merupakan salah satu perusahaan asal Taiwan, berhasil mewujudkan helm canggih yang syarat dengan teknologi terkini. Helm ini sudah diluncurkan di Kickstarter, dengan dua tipe yaitu Helm Seri X dan X-AR. Teknologi Jarvis ini diklaim sudah ada pada Helm Jarvish X dan Jarvish X-AR, keduanya merupakan Smart Helmet, namun keduanya punya perbedaan fitur.

Helm model Jarvish X, yang merupakan model basic memiliki spesifikasi mikrofon dan speaker yang terintegrasi dengan Siri, Google Asistant serta dukungan Alexa. Pengguna memiliki akses untuk arah perjalanan, mengetahui cuaca hari ini, dan mengatur volume suara musik. Tersedia juga kamera dengan kualitas 2K HD sehingga pengguna tidak perlu lagi menambahkan kamera tambahan untuk menangkap gambar saat perjalanan.

Beda lagi dengan model Jarvish X-AR dengan kemampuan lebih advance dari Jarvish X yakni menambahkan kemampuan seperti teknologi AR (Augmented Reality) gaya Google-glass untuk kecepatan, arah belokan demi belokan, cuaca, panggilan masuk dan kamera video yang diletakkan dibelakang helm.

Layaknya asisten, helm ini juga mengeluarkan suara seperti Google Asisten, Siri dan Alexa, sehingga pengguna dapat menanyakan kondisi cuaca dan menghubungkan apa yana ada di smartphone. Helm ini juga disematkan peringatan apabila pengendara melebihi batas kecepatan aman. Kelebihan lainnya adalah helm ini dilengkapi dengan kamera belakang, sehinggaa pengendara bisa melihat situasi tanpa menoleh ke belakang.

“X dan X-AR tidak menggantikan kebutuhan untuk berkendara yang cerdas dan aman. Visi kami adalah untuk meningkatkan pengalaman berkendara dengan fitur pintar yang berarti pengendara bisa fokus pada jalan di depan tanpa gangguan,” ungkap CEO Jarvish, Jeremy Lu.

Dari penggunaan bahan, Helm Jarvish sudah mengandung full carbon composite untuk mengimbangi penambahan baterai yang bisa tahan sampai 4 jam.

Berikut adalah spesifikasi serta fitur dari Helm Jarvish X dan Jarvish X-AR :

HEAD-UP DISPLAY

Model Jarvish X-AR memanfaatkan teknologi waveguide optik pada HUD untuk pengendara yang lebih menyukai instruski visual. Teknologi HUD ini dipastikan dalam cahaya terang, proyeksi ini akan tetap terlihat jelas. HUD dapat dikontrol dan ditarik kembali dengan mudah melalui perintah suara.

Model X-AR memiliki kemampuan untuk menampilkan arah, untuk memberitahu pemakai lalu lintas dan kondisi cuaca, indikator, kecepatan, rambu-rambu jalan bahaya dan ID penelepon yang masuk pada HUD.

Model Jarvish X-AR terhubung ke smartphone melalui bluetooth, memungkinkan Anda untuk melihat, mendapatkan notifikasi panggilan masuk, peringatan slip jalan, pemberitahuan cuaca, ikon SPBU, peringatan bagian bahaya, peringatan kecepatan, pemberitahuan lalu lintas, navigasi GPS dan gambar tampilan belakang sesuai permintaan.

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here