Idul Adha 1438 H
Idul Adha 1438 H

Selamat Hari Raya IDUL ADHA 2017 / 1438 H

Tak terasa sekarang udah mau masuk hari raya Idul Adha yang ke 1438 H yah teman – teman. Pasti kalian merindukan sesuatu hal pada saat moment – moment hari raya idul adha ini. Seperti biasa ditahun ini gw gak balik kampung, karena liburnya gak begitu lama. Sebenernya gw pengen pulang kampung ke tasikmalaya, karena sering kena macet dijalan dan rebutan naik bis. Jadi gw memilih stay aja di jakarta. Untuk kalian yang rumah nya deket – deket, misal Jakarta – Bogor doang mending balik aja. Bisa makan sate, lihat kambing atau sapi di sembelih (tontonan waktu gw kecil) itu seru banget loh. Gw dah lama gak ngerasain hal kaya gitu pas masuk kuliah D3 di Bogor. Langsung kita mulai saja apa saja sih makanan yang kalian makan pas hari raya idul adha ?.

Makanan Yang Dirindukan Ketika Hari Raya Idul Adha

  1. Sate + Ketupat

    Sate Ketupat Bumbu Kacang
    Sate Ketupat Bumbu Kacang

    Nah ini sebenernya salah satu makanan utama pada hari raya Idul Adha kaya udah makanan wajib. Kalo gak makan sate sama ketupat tuh rasanya gak lebaran haji dah pokoknya. Meskipun sebenernya bisa makan tiap hari kalo makan sate, tapi masalahnya ini di moment yang memang mendukung dan indah banget kalo makan sate. Selain ada progress penyembelihan dagingnya, entah itu daging sapi atau daging kambing tergantung selera kalian masing – masing sukanya makan daging apa. Hingga proses bakar sate dagingnya pun kita tau sendiri setelah matang dipembakaran langsung lahap dicicipin tanpa bumbu kacang. Udah lah intinya makanan ini paling juara pas lagi hari raya idul adha, jadi kalian jangan sampe gak makan sate ya.

  2. Gulai

    Gulai Sapi
    Gulai Sapi

    Makanan kedua ini sebenernya opsional karena gulai biasanya makanan utama buat idul fitri. Tapi keluarga gw sering – seringnya buat gulai buat sarapan setelah shalat ied. Biasa dicampur dengan ketupat sih, tapi sekarang – sekarang kayaknya udah jarang pake ketupat lebih kenyang pake nasi hahahaha. Jadi gulai bisa jadi opsi untuk kalian yang memang suka sama makanan berkuah. Hati – hati yang punya penyakit yang gak bisa konsumsi santen mending makan sate aja. Jangan lupa kalo makan sate juga harus makan acarnya juga yah biar di netralisir zat – zat berbahayanya dari arangnya.

  3. Rengginang

    Rengginang
    Rengginang

    Yang satu ini biasanya jadi sebagai pelengkap kedua makanan diatas dan biasanya rengginang itu suka nongol dikaleng – kaleng konguan gak tau kenapa. Konguan isi rengginang itu kayaknya udah turun temurun budaya seperti itu, karena kaleng tersebut menurut gw lebih mantep buat ngejaga rasa renyah rengginang. Segelintir orang ada juga yang pake tupperware buat naro rengginang ini tapi masih jarang sih, hanya orang – orang menengah keatas kayaknya.

  4. Kerupuk Emping

    Emping Belinjo
    Emping Belinjo

    Kerupuk ini jangan dikonsumsi banyak – banyak yah katanya berbahaya. Mengutip dari situs list co id katanya :

    Bahaya Dan Manfaat Dari Makan Emping Melinjo. Melinjo dikenal dengan nama belinjo, mlinjo (bahasa Jawa), Khalet (Bahasa Kamboja), bago (bahasa Melayu dan bahasa Tagalog), atau tangkil (bahasa Sunda). Melinjo memiliki banyak manfaatnya, hampir semua bagian tanaman dapat dimanfaatkan. Daun muda (disebut SO) dan tangkilnya dapat digunakan sebagai bahan sayuran. aKulit biji melinjo dapat dijadikan cemilan dengan cara diberi bumbu dan digoreng. Semua bahan makanan yang berasal dari tanaman melinjo ini mempunyai kandungan gizi yang cukup banyak, selain karbohidrat juga mengandung lemak, protein, mineral dan vitamin–vitamin.
  5. Bakso

    Ini lah finalisasi makanan yang wajib dicari kalo lagi lebaran haji pas lagi di kota tasikmalaya. Dengan harga bersaing karena saking banyaknya penjual bakso di kota tasik. Bisa cepet abis dompet kite kalo emang kalian doyan makan bakso. Kalo mau tahu harga bakso disana kisaran 10rb hingga 40rb pun ada.

 Tips Memilih Hewan Kurban

Kurban adalah persembahan terbaik kita, sebagai tanda penghambaan kepada Sang Khalik, sebagai wujud syukur atas semua yang diberikan. Hal ini merupakan bentuk kesediaan kita dalam mendorong kemaslahatan sebanyak mungkin saudara kita. Dengan kita berkurban akan memberdayakan jaringan peternak desa, mendorong tata niaga ternak, membangun etos peternak di desa-desa Indonesia. Kurban Kalian menjadi devisa yang akan didistribusikan di desa-desa untuk menumbuhkan perekonomian desa. Kurban Kalian akan memberdayakan ribuan desa di Indonesia.

Sapi Kurban

Sapi Kurban
Sapi Kurban

Kambing Kurban

Kambing Kurban
Kambing Kurban

Sekali lagi selamat hari raya idul adha 1438H ya guys.

 

 

 

Salam Cungkring 😛

Baca Juga  News: Epic Games Tentang Update Fortnite untuk iOS dan Rilis di Android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here