QR Code (Quick Response Code) merupakan sebuah kode yang dibuat untuk mempermudah aktivitas bisnis kalian. Misalkan, kalian membutuhkan alat promosi, tinggal buat QR Code agar tidak menyita waktu kalian untuk mengerjakan hal lain. Karena fungsi yang beragam tersebut, banyak pengusaha mulai melupakan cara lama dalam promosi dan mulai membuat kode mereka sendiri.

Berbagi pengalaman saja 1 bulan yang lalu, saya buat buat kartu undangan pernikahan di daerah tebet tepatnya di ramayana pasar tebet. Buat QRCode itu dikenakan biaya sebesar 50ribu WTF kan hahaha. Padahal dari saya sendiri bisa buat QRCode sendiri dan gratis pula. Jadi hal ini bisa dijadikan tips buat kalian yang buat kartu undangan pernikahan tinggal buat sendiri barcodenya dengan url google maps ke lokasi pernikahan kalian.

Berikut langkah – langkah membuat QRCODE sendiri dengan Google Spreadsheet:

Pertama, kalian harus buka halaman Google Spreadsheet ataupun Microsoft Excel untuk membuat formulanya. Kemudian, kalian bisa menentukan jenis apa yang akan dibuatkan menjadi QR Code, bisa itu nama, jalan, tempat, nomor telepon hingga website untuk promosi dll.

Buatlah Spreadsheet Baru

Setelah kalian membuat Google Spreadsheet, kalian harus menggunakan halaman sheet yang kosong agar nantinya formula yang dimasukkan lebih mudah dan tidak terjadi error. Untuk lebih jelasnya, silahkan terus baca ke step selanjutnya.

Tabel Kolom 1

Di kolom pertama, kalian bisa isi dengan teks ataupun URL sesuai dengan keinginan kalian. Tapi, akan lebih berguna, jika kolom pertama tersebut adalah sebuah URL atau website sebab nanti QR Code yang terbuat akan otomatis langsung masuk ke dalam tujuan dari situs yang kalian dibuat di dalamnya.

Dengan kata lain, apa yang kalian isi di kolom A tersebut, akan menjadi hasil akhir dari QR Code. Jika kalian ingin membuat QR Code untuk nama kalian, silahkan isi kolom tersebut dengan nama kalian sendiri. Misalkan, topan, muti atau renndi. Di kolom kedua nanti, ada akan memasukkan rumus-rumus yang akan diformulasikan menjadi sebuah QR Code.

Tabel Kolom 2

Jika di kolom pertama kalian isi dengan nama ataupun URL sebuah website, hal berbeda akan kalian buat di kolom kedua. Sebab, di sana, kalian akan memasukkan sebuah rumus yang telah dibuat oleh Google. Jangan khawatir, kalian bisa copy paste rumus tersebut di bawah sini.

=image(“https://chart.googleapis.com/chart?chs=150×150&cht=qr&chl=”&A2)

Setelah rumus dituliskan, kalian bisa besarkan tabel yang tersedia sehingga QR Code akan terbentuk. Jika formula tersebut tidak berhasil, silahkan coba ulang lagi rumus tersebut hingga berhasil digunakan.

Kurang lebih seperti itulah cara membuat QR Code gratis untuk mempermudah kegiatan bisnis kalian. Saat ini, QR Code sudah menjadi salah satu hal yang patut dimiliki para pengusaha. Kalian sudah bisa membuatnya dan silahkan untuk digunakan untuk usaha kalian ke depannya.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here