Pengguna smartphone Android tentu sangat banyak, karena sistem operasi Android ini sangat mendominasi dan banya produsen smartphone memilih menggunakan sistem operasi ini untuk produknya. Tentunya yang jadi kendala yang dirasakan oleh pengguna smartphone Android adalah lambatnya proses update jika ada sistem operasi versi terbaru yang diluncurkan oleh Google. Jadi pertanyaan untuk para pengguna “kapan smartphone saya bisa menikmati sistem operasi terbaru ini ?”. Nah produsen brand Sony memberikan gambaran menarik semacam info grafis mengenai bagaimana proses sebuah sistem operasi yang baru di proses dari pihak google hingga bisa dinikmati oleh pengguna smartphone. Simak prosesnya dibawah ini :
Sony Info Grafis

Tahap Pertama : Bring Up

Poin Pertama

Beberapa minggu sebelum melakukan peluncuran seri terbaru dari sistem operasi Android, Google sebagai pemilik sekaligus pengembang sistem operasi Android, mengirimkan Platform Development Kit (PDK) kepada Sony juga para produsen smartphone. Platform Development Kit (PDK) sendiri berisi berbagai macam kumpulan dari berbagai macam kode dan beberapa hal yang boleh di rubah, untuk nantinya dimaksimalkan dan di test.

Poin Kedua

Setelah mendapat Platform Development Kit (PDK), maka tahap selanjutnya yang dilakukan oleh Sony adalah memasukkan software terbaru kedalam sistem.

Poin Ketiga

Jika software terbaru sudah dimasukkan kedalam sistem, tahap selanjutnya melakukan Hadware Abstraction Layer (HAL), dimana di tahap ini, Sony mencoba menerapkan software terbarunya ke berbagai macam procesor, agar mengetahui apakah software tersebut dapat bekerja dengan baik.

Poin Keempat

Setelah melakukan banyak pengembangan di tahap awal, sekarang tugas lanjutan dari para progamer Sony adalah mengetes fungsi dasar dari sebuah smartphone, seperti panggilan telepon, perpesanan, dan komektivitas internet, semua itu di test, apakah bisa berjalan dengan baik di sistem terbaru yang sudah dikembangkan tersebut.

Poin Kelima

Di tahap ini Sony menyebutnya dengan Sony-Fication (Sony Specific Additions), dimana setelah tahap pengetesan fungsi basic dari sebuah smartphone sukses, Sony mencoba memberikan fitur baru dan merubah tampilan antar mukanya, agar lebih terlihat khas Sony, tidak sestandar sistem operasi bawaan. Biasanya peningnkatan fitur yang dilakukan oleh Sony sebagai berikut: Pengunci layar, kontak, musik, film, album, kamera, smart stamina, xperia assist, e-masil, dsb.

Poin Keenam

Jika tahap-tahap pengembangan dan penambahan fitur sudah dilakukan, maka tahap selanjutnya adalah percobaan sistem terbaru ini oleh orang dalam Sony, dimana percobaan sistem baru ini untuk digunakan akifitas sehari-hari, untuk menemukan masalah (bug) yang sangat jelas di sistem tersebut.

Poin Ketujuh

Tahap percobaan sistem baru ini tidak hanya pada level orang dalam Sony saja, namun dilakukan uji lab, juga mengajak para pengguna smartphone Sony untuk mencobanya, memang pengguna yang bisa mencoba tidak sembarangan, dipilih langsung oleh Sony. Fokus dari tahap ini untuk pengetesan pada stabilitas sistem juga keawetan daya. Saat tahap ini dirasa sudah bagus, Sony segera mengajukan berbagai sertifikat untuk sistem terbarunya.

Tahap Kedua: Sertifikasi & Persetujuan

Poin Kedelapan

Tahap sebelumnya merupakan tahap proses pengembangan dari sistem operasi Android terbaru dari pihak Google ke Sony, tahap kedua atau selanjutnya dari kumpulan tahap-tahap sebelumnya adalah menunggu persetujuan dari sertifikat yang di ajukan, seperti WiFi dan Bluetooth, semuanya harus di cek sesuai standar yang berlaku, dan bisa berfungsi antar segala perangkat.

Poin Kesembilan

Saat sertifikat sudah di dapat, ternyata Sony tidak langsung menyebar sistem terbarunya, namun masih perlu di berikan kepada para operator, disini operator bertugas mengetes tahap akhir dari sistem yang dibuat oleh Sony sebelum diluncurkan ke publik.

Poin Kesepuluh

Tahap-tahap di atas selesai, ini waktu yang di tunggu-tunggu, secara bertahap Sony akan merilis sistem terbarunya ke pengguna.

Poin Kesebelas

[Sumber : https://www.kaskus.co.id/thread/5b7a85bdd675d402488b4569/kenapa-update-sistem-android-bisa-lama-sampai-ke-pengguna-ini-jawabannya/]
[Sumber Image : TheVerge]
Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here