Mulai 1 Oktober 2019, invoice akan dikeluarkan oleh PT Google Indonesia sebagai reseller layanan. Untuk mematuhi peraturan pajak setempat, semua penjualan Google Ads di Indonesia akan dikenakan PPN sebesar 10%. Perubahan ini akan memengaruhi akun Google Ads dengan alamat penagihan di Indonesia.

Jika ingin melakukan pemotongan pajak 2% atas pembayaran Anda, Anda wajib mengirimkan bukti fisik pemotongan pajak yang asli (“Bukti Potong”) kepada Google untuk mencegah saldo terutang di akun Anda.

Bagi pelanggan dengan status Pemungut PPN, Anda diwajibkan untuk memberikan Bukti Pembayaran PPN (“Surat Setoran Pajak (SSP)”) kepada Google dengan mengirimkan dokumen fisik asli yang sudah ditandatangani. Pelajari Tentang status Pemungut PPN lebih lanjut.Google tidak dapat memberi Anda informasi tentang masalah pajak. Hubungi konsultan pajak Anda, jika ada pertanyaan tentang pajak ini.

Layanan Iklan Google di Indonesia akan dikenakan PPN 10%. Perubahan ini mempengaruhi akun Iklan Google alamat penagihan di Indonesia. Berikut 4 poin yang perlu diperhatikan:

  1. Per tanggal 1 Oktober 2019, untuk semua akun Google Ads dengan negara penagihan Indonesia akan berada dibawah naungan PT Google Indonesia, yang selanjutnya disebut sebagai PTGI.
  2. Sesuai dengan aturan berbisnis di Indonesia, akun Google Ads yang ada dibawah naungan PTGI akan dikenakan pajak sebesar 10%.
  3. Pajak akan dikenakan untuk semua jenis akun, baik individu maupun bisnis.
  4. Untuk pembayaran manual, pajak akan otomatis terpotong ketika Anda melakukan pembayaran

Contoh pemotongan pajak dengan pembayaran manual:

Anda melakukan pembayaran sebesar IDR 100.000,-
PPN sebesar 10%, yaitu Rp 9.090,-
Saldo yang bisa digunakan setelah dipotong pajak untuk beriklan adalah sebesar Rp 90.909,-

Jika menggunakan pembayaran otomatis dengan menggunakan CC (credit card) misalnya dengan menggunakan pembayaran otomatis Anda ditagih sebesar IDR 500.000,- di akhir bulan, nah tagihan tersebut sudah termasuk dengan pajak yang Anda bayarkan, yaitu sebesar 10%. Jadi IDR 500.000,- tersebut sudah termasuk biaya iklan Anda + saldo sebesar 10%.

Untuk faktur pajaknya nanti bisa dilihat dalam halaman transaction pada menu billing and payments dalam akun Google Ads Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here