Obrolan siang ini sebenernya pernah saya omongin di tahun-tahun lalu mungkin udah kekubur entah kemana ilang artikelnya, dan sekarang saya kepikiran buat nulis lagi buat sedikit sharing saja mengenai apa sih perbedaan dari jobdesk mereka ini. Perkembangan teknologi informasi di tahun 2018 ini tentunya kita sudah terbiasa bertemu dengan beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan website dan aplikasi. Sebenarnya apa sih Perbedaan Antara Graphic Designer, Web Designer, UI Designer, UX Designer dan Front End Developer ?. Kita mulai dari pekerjaan pertama yaitu :

Graphic Designer

source wixstatic.com
source wixstatic.com

Pekerjaan yang pertama ini memiliki tugas mendesign poster, brosur, banner, dan media cetak lainnya. Mereka inilah yang mengatur dari sisi gambar, teks, jenis font untuk menghasilkan suatu grafis yang bagus sebagai bentuk komunikasi visual diantara pemilik pesan dan khalayak yang dituju. Aplikasi yang mereka gunakan biasanya seperti Adobe Photoshop, Illustrator, dan Corel Draw. Nah apakah seorang graphic design bisa terlibat dalam pekerjaan web? tentu saja bisa. Seorang Graphic Designer bisa saja membuat sebuah layout untuk halaman web seperti landing page, berupa banner, menu, search box, content body serta footer website dengan menggunakan Photoshop atau Illustrator.

Namun orang yang mengkonversi menjadi halaman HTML dan CSS adalah kerjaan seorang web designer. Biasanya di perusahaan – perusahaan besar ataupun kecil lebih banyak merekrut orang bisa graphic design sekaligus web designer juga. (mungkin untuk mengirit biaya perusahaan).

Web Designer

source : towerpayments.com
source : towerpayments.com

Nah tugas seorang web design itu membuat halaman web (cangkangnya doang loh), membangun struktur HTMl=L dan CSS dan mengatur layoutnya juga seperti tata letak menu, banner, teks, dan posisi konten. Di design secara antik menggunakan pemrograman HTML dan CSS seakan – akan sudah menjadi suatu website yang utuh. Tugas dari webdesigner ini termasuk memastikan website yang dibuat bagus secara visual.

User Interface (UI) Designer

source : actualsoftsolutions.com
source : actualsoftsolutions.com

UI Designer ini memiliki tugas gak jauh beda dengan web designer, terkadang si designer sendiri suka mengklaim dimana dia bekerja menamakannya sebagai UI Designer. Namun bila web designer hanya mengerjakan pekerjaan website saja, UI Designer mencakup interface aplikasi smartphone atau software interface. Secara umum penerapan yang dilakukan web designer pada halaman web dan interface designer pada interface aplikasi atau software adalah sama.

User Experience (UX) Designer

source : unbounce.com
source : unbounce.com

Tugas UX Designer ini bertanggung jawab pada sisi pengalaman yang dialami oleh user pada saat mengakses suatu sistem. Sistem tersebut bisa dikatakan sebuah website, aplikasi website, atau aplikasi smartphone. Sebagai contoh pada saat user mengakses website, apakah mereka akan mudah menggunakan dan menyerap informasi yang bermanfaat pada website atau aplikasi kita. Apakah efisien atau membingungkan untuk pengguna. Pada saat pengguna membeli suatu produk di situs marketplace apakah emreka mengerti mengenai prosedur pemesanan atau pembayaran pada situs tersebut. Pada saat user mengisi form cukup hanya beberapa langkah atau malah memakan waktu. Ini semua adalah beberapa contoh pekerjaan yang harus diselesaikan oleh seorang UX Designer.

Jadi tuntutan terkini terhadap suatu website adalah website yang berpusat pada user (user-centered design) bukan pada selera designernya atau kemauan dan selera pemilik.

Front End Developer

Source : smartcat.io
Source : smartcat.io

Front end developer bertanggung jawab pada website di sisi implementasi HTML, CSS dan Javascript. Mereka ini lah yang bekerja atas tuntutan supaya website terlihat bagus, artistik secara visual tapi lebih ke sisi fungsionalnya. Bagaimana supaya pengguna mudah mendapatkan sebuah informasi yang dibutuhkan, tool-tips yang informatif, slide banner promosi yang efektif, ini semua dalam implementasinya dilakukan oleh front end developer.

Tugas pekerjaan diatas tidak menjadi istilah baku lagi karena sering juga dinamakan dengan nama yang berbeda. ada agency / freelancer yang menamakan pekerjaan graphic design dengan nama graphic artist. Disamping itu juga mereka memiliki lebih dari satu keahlian, misalnya seorang web desginer namun juga mampu membuat sebuah design untuk media cetak seperti brosur, poster dan media cetak lainnya (kaya saya pribadi sih seperti itu). Ada juga seorang web designer mampu mendesign halaman website sekaligus smartphone app interface. Begitu pula kadang ada perusahaan yang membuka lowongan kerja untuk web designer namun skill yang harus dimiliki juga ada basic pemrograman PHP & database MYSQL yang seharusnya itu adalah pekerjaan web developer. Begitulah yang namanya irit budget perusahaan seperti PALUGADA (aPA yang LU mau Gua ADA).

Artikel ini bersumer dari situs tempat saya belajar design, tutorial-webdesign(dot)com. Di situs ini saya pribadi banyak berbagai hal mengeni design website, dll. Oke segitu aja tulisan siang yang mendung ini. salam. Cungkring 😛

Advertisements

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here