Perbedaan Template Blog Free (Gratisan) dengan Premium (Berbayar)

0
224

Jika kalian menggunakan CMS WordPress desain template blog secara default akan menggunakan template bawaan dari CMS WordPress itu sendiri alias free. Ketika kita ingin mengubah template tersebut tentu kalian tinggal masuk ke menu Appearance -> lalu pilih menu Themes. Banyak sekali pilihan template yang mungkin sesuai dengan selera untuk mempercantik user interface blog kalian secara gratis.

Nah karena hal itulah muncul sebuah peluang untuk para developer WordPress diluar developer WordPress Core itu sendiri menjual template yang berbayar yang fitur – fiturnya tentu saja sangat jauh dengan versi free. Pengalaman saya sendiri pernah menggunakan keduanya dan tentu saja sampai saat ini saya lebih senang menggunakan template yang berbayar.

Apa Perbedaan Template Free & Template Premium ?

Kita mulai dulu dari Template Premium (Berbayar)

  • Template Berbayar dan Beli dari Developernya (Rekomendasi beli di Themeforest.net)
  • Dapat panduan serta support dari Developer templatenya.
  • Bebas dari footer credit tentunya.
  • Lifetime update untuk template mungkin sampai developernya meninggal 🙁
  • Diberikan semua file templatenya.

Jika Template Free (Gratis)

  • Templatenya ya gratisan dan orang lain pasti bisa download juga
  • Tidak dapat support sama sekali dari pihak developer template
  • Sedihnya footer credit yang susah hilang (perlu perlakuan teknis dari sisi backend jika ingin dihilangkan)
  • Tidak dapat mengupdate secara lifetime
  • Bisa saja script template telah disusupi virus – virus cintah. hahaha

Dari sini sudah jelas bagaimana perbedaan template premium dan template free. Jika memang kalian para blogger tidak terlalu paham mengenai scripting CMS WordPress template saran saya mending beli template saja. Sebaliknya jikalau kalian sudah paham tata cara buat template WordPress ya gak usah beli silahkan buat sesuka hati kalian dari sisi UI & UXnya.

Kesimpulannya

Untuk memaksimalkan tampilan blog yang sempurna dan enak di kunjungi pembaca maka kita wajib membeli template premium untuk masa depan yang jauh lebih baik. Selain kita mendapatkan support dari pihak developer template nya kita juga dapat lifetime update sehingga template yang kita gunakan tidak begitu saja fitur – fiturnya. Template premium yang faforit digunakan saat ini sepertinya Newspaper.

Harganya cukup kompleks sih jadi mendingan nabung dulu sekalian menunggu biasanya dari themeforest memberikan potongan harga untuk template Newspaper ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here