Smush Image Compression and Optimization
Smush Image Compression and Optimization

Kali ini gw mau sharing sedikit tentang plugin untuk mempercanggih ataupun mempercantik blog kalian yang menggunakan WordPress. Ini merupakan tulisan ke 2 gw yang sebelumnya gw sharing tentang “Memulai Menulis Artikel Blog Menggunakan WordPress“. Mungkin ada beberapa diantara kalian yang udah hatam menggunakan wordpress, dan plugin apa saja yang sering digunakan. Lalu sebenernya apasih Plugin itu ? Simak artikelnya dibawah ini :

Sekilas Tentang Plugin

Plugins adalah sesuatu script tambahan yang dirancang untuk melakukan fungsi tertentu di WordPress Kalian. Fungsi tambahan dari Plugin inilah yang membuat WordPress menjadi powerful saat membuat Website. Ada begitu banyak jenis varian Plugins yang dapat ditambahkan ke WordPress Kalian untuk menambah fungsional dari Website Kalian. Setiap jenis varian Plugins memiliki fungsi spesifik yang berbeda antara satu plugin dengan yang lainnya. (sumber)

Fungsi Plugin

Fungsi WordPress Plugins adalah memberi tambahan fungsionalitas dari WordPress Utama Kalian. Jika WordPress utama hanya dapat melakukan A, B, C. Tetapi setelah Kalian install WordPress Plugin, maka WordPress Kalian akan memiliki fungsi lebih yaitu fungsi D, E, F dan seterusnya. (sumber)

Plugin Rekomendasi Yang Bisa Kalian Gunakan

Sebenarnya ada begitu banyak WordPress Plugins yang bisa kalian gunakan mulai dari yang gratis alias free hingga yang berbayar. Namun yang gw akan sharing hari ini adalah plugin yang gratis alias free. Plugin free ini bisa di download langsung lewat halaman admin WordPress kalian masing – masing. Berikut daftar plugin yang biasa gw pake :

Jetpack

Jetpack
Jetpack

Jetpack merupakan plugin terpenting menurut gw kalo kalian menginstall WordPress. Fitur yang powerfull membantu WordPress kalian menjadi semakin canggih. Apa saja sih fitur gratis yang dimiliki Plugin Jetpack ini :

TRAFFIC AND SEO TOOLS

Trafik visitor website merupakan sumber kehidupan bagi website kalian. Jetpack memberikan fitur :

  • [free] Site stats and analytics
  • [free] Automatic sharing on Facebook, Twitter, LinkedIn, Tumblr, Reddit, and WhatsApp
  • [free] Related posts

SECURITY AND BACKUP SERVICES

Jangan meragukan plugin satu ini, karena jetpack dilengkapi juga dari sisi securitynya untuk mencegah hacking :

  • [free] Brute force attack protection
  • [free] Downtime and uptime monitoring
  • [free] Secured logins and two-factor authentication

CONTENT CREATION

Selain itu jetpack memberikan optimasi images, video, dan penambahan widget pada website WordPress kalian :

  • [free] A high-speed CDN for your images
  • [free] Carousels, slideshows, and tiled galleries
  • [free] Simple embeds from YouTube, Google Documents, Spotify and more
  • [free] Sidebar customization including Facebook, Twitter, and RSS feeds
  • [free] Extra sidebar widgets including blog stats, calendar, and author widgets

DISCUSSION AND COMMUNITY

Membuat sebuah koneksi antara penulis dengan pengunjung website :

  • [free] Email subscriptions
  • [free] Comment login with Facebook, Twitter, and Google
  • [free] Fully-customizable contact forms
  • [free] Infinite scroll for your posts

Dan jika kalian merasa kesulitan untuk mensetup plugin ini, di situs pencarian google solusi – solusi terbaik sudah banyak beredar. Jadi jangan ragu menggunakan plugin satu ini, dan biasa nya disesuaikan dengan hosting yang kalian gunakan. Karena ada beberapa jasa webhosting yang gak support plugin ini tergantung dari sisi server si jasa webhostingnya membolehkan atau nggak.

Google Tag Manager

Google Tag Manager
Google Tag Manager

Bagi yang belum tahu plugin 1 ini sangat berguna loh karena Tag Manager ini dibuat untuk memecahkan masalah di setiap level perusahaan maupun individu. Dulu, seseorang di divisi pemasaran ingin menempatkan sesuatu yang sederhana seperti track code dari Facebook (Pixel) pada situs website, mereka harus request terlebih dahulu dan menyerahkan ke divisi IT. Setelah proses yang panjang divisi IT akhirnya dapat menghidupkan tracking code Facebook (Pixel) di situs websitenya. Cukup memakan waktu bukan?, kalian bayangkan jika terdapat 2 sampai 4 tracking code.

Google Tag Manager Dashboard
Google Tag Manager Dashboard

Dan akhirnya Google telah membangun platform untuk mengatasi permasalahan ini. Tag Manager dibangun untuk memberikan kemudahan kepada tim pemasaran untuk memperbarui situs mereka dan, pada saat yang sama, membebaskan tim IT untuk fokus pada proyek-proyek yang lebih penting. Kalo kalian masih belum paham soal Tag Manager ini simak video nya pengenalan Google Tag manager dibawah ini :

Yoast SEO

Yoast SEO
Yoast SEO

Plugin SEO by Yoast adalah salah satu plugin WordPress andalan gw untuk memaksimalkan SEO OnPage website topan.web.id. Dengan berbagai fitur didalam plugin SEO by Yoast ini, kita bisa dengan mudah mengatur optimasi website dengan sangat maksimal. Sebenernya ini plugin gak begitu aneh atau langka karena sudah digunakan oleh berjuta – juta blogger wordpress. Jadi jangan ragu – ragu buat install plugin ini di website WordPress kalian. Karena terlalu banyak metode – metode yang digunakan buat optimasi plugin SEO by Yoast ini kemungkinan gak gw bahas dipostingan ini.

Contact Form 7

Contact Form 7
Contact Form 7

Plugin berikutnya yaitu Plugin Contact Form 7 dengan lebih dari 3 juta instalasi aktif, Contact Form 7 adalah plugin formulir kontak yang paling banyak digunakan di seluruh dunia hingga saat ini. Penggunaan yang mudah adalah daya tarik utama plugin ini. Plugin ini sudah dilangkapi dengan integrasi re-captcha buatan Google punya. Kalian cukup input API Key sama Secret Key nya pada saat konfigurasi Contact Form 7.

Woocomerce

Woocomerce
Woocomerce

Plugin ini sebenernya optional saja, biasanya plugin ini digunakan jika memang nanti kedepannya blog atau website WordPress kalian ada toko onlinenya. Woocomerce sendiri adalah plugin yang membantu kita membuat toko online dengan WordPress. Namun mengenai fungsi pengiriman dan ongkos kirim masih terhitung manual perlu adanya plugin tambahan jika kalian ingin menambahkan metode pengiriman lainnya. Jadi bagi kalian yang mau buka toko online sendiri plugin ini sangat berfungsi dan dibutuhkan banget. Namun jangan lupa ada plugin tambahan lainnya, seperti Plugin JNE, atau Plugin – plugin yang mendukung berjalannya sistem toko online

Smush Image Compression and Optimization

Smush Image Compression and Optimization
Smush Image Compression and Optimization

Plugin satu ini fungsinya untuk mengoptimalkan image pada konten WordPress kalian. Contohnya kalian upload gambar dengan size diatas 1MB, nah plugin ini lah yang dapat mengoptimalkan sizenya menjadi ratusan kb. Semakin optimal data gambar pada website kalian maka akan semakin cepat juga visitor akses website kalian.

Wordfence Security

Wordfence Security
Wordfence Security

Dan plugin yang terakhir ini lah paling penting juga harus diinstal di WordPress kalian. Plugin ini merupakan plugin security yang menurut gw paling banyak penggunanya telah di gunakan 2 juta lebih pengguna WordPress. Untuk tutorial optimasi plugin ini kalian bisa cari di situs pencarian google, udah banyak yang review dan ngasih tahu cara instalasinya.

Jadi plugin – plugin gratis diatas bisa kalian gunakan untuk di WordPress kalian. Diluar sana mungkin masih banyak plugin – plugin WordPress rekomendasi yang bisa digunakan. Pada intinya plugin – plugin ini berfungsi sebagai menambah fungsi baru pada WordPress default kalian. Bisa mempercepat akses website WordPress kalian ataupun melambatkan, tergantung berapa jumlah plugin yang digunakan. Sesuaikan dengan kapasitas hosting kalian yah, jangan ngikutin gw karena gw pake server VPS harddisknya pun SSD.

Oke segitu saja sharing untuk hari ini. Untuk artikel selanjutnya mungkin gw mau bahas mengenai touring ala – ala ke puncak. Karena acaranya hari sabtu tanggal 26 agustus 2017, jadi kemungkinan akan diupdate pada malam harinya. see yaa 🙂

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here