Untuk warga jakarta tentu untuk jalanan yang dibelakukan Ganjil dan Genap tidak asing lagi terdengar ditelinga mereka. Nah sekarang ini Google Maps sudah mendukung peraturan lalu lintas plat nomor ganjil genap di Jakarta. Dengan fitur ini, kamu bisa mendapat arahan rute perjalanan yang lebih akurat. Penentuan plat nomor ganjil genap ini dilihat dari angka paling belakang pada plat nomor kendaraan. Misalnya nomor plat B 3345 MD berarti plat nomor tersebut termasuk kategori plat nomor ganjil. Sistem ini mungkin akan sedikit membingungkan untuk orang – orang yang baru masuk ke daerah Ibu Kota Jakarta. Nah Google Maps sekarang udah ngasih solusi buat pengguna kendaraan bermobil yang menggunakan layanan Google Maps ini.

Menentukan Plat Nomor Ganjil Genap di Google Maps

Maps

Kalau kamu belum menentukan nomor pelat ganjil genap, pilihan itu akan muncul saat kamu membuka aplikasi Google Maps. Lebih tepatnya, di halaman berkendara (ikon mobil).

Geser halaman ke bawah untuk menemukannya. Pilih salah satu, ganjil atau genap, lalu tekan ‘Simpan‘.

Google Maps akan menyesuaikan rute perjalanan. Kamu pun bisa memeriksa rute jalan yang akan Kamu lalui supaya tidak melanggar peraturan lalu lintas di kota Jakarta ini. Tidak sulit bukan? Dan bagaimana jika Kamu berganti kendaraan (plat nomor beda). Kamu tetap bisa merubah setelan plat nomor ini pada Google Maps Kamu masing – masing.

 Cara Merubah Pelat Nomor di Google Maps

  1. Buka aplikasi Google Maps.
  2. Tekan ikon Menu 
  3. Masuk ke ‘Setelan‘.
  4. Masuk ke ‘Setelan Navigasi‘ (pilihan ini letaknya agak ke bawah).
  5. Tekan ‘Hindari jalan dengan aturan pelat nomor ganjil genap‘.
  6. Masukkan pilihan pelat nomor ganjil atau genap.
  7. Tekan ‘Simpan‘.
Baca Juga  Buat Invoice Cepat dengan InvoiceQuick

Setelah mengatur plat nomor di Google Maps, Kamu bisa berkendara dengan aman. Selama periode pemberlakukan pembatasa plat nomor, Kamu hanya akan melihat rute yang bisa dilewati dengan plat nomor ganjil atau genap (sesuai settingan Google Maps kamu). Google sendiri sedang meningkatkan fitur aplikasi peta milik mereka sehingga benar – benar relevan dengan pengguna di berbagai negara. Sebenarnya pada Google Maps saat ini selain fitur plat nomor ganjil genap ada juga fitur mode motor untuk rute lebih ringkas. Dan solusi untuk Kamu para pengendara motor pada saat jalan – jalan di Kota Jakarta.

 

Selamat mencoba 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here