Pada tahun 2017 tepatnya bulan Juni, Apple telah mengumumkan mengenai ITP (Intelligent Tracking Prevention ), yang bertujuan untuk pembatasan pada third-party tracking mengambil data browsing yang cross-site yang akan segera diluncurkan atau sudah diluncurkan ?.

Tentu saja ini akan menjadi masalah bagi kita para advertiser yang menggunakan Google Ads (yang sebelumnya dikenal sebagai Google Adwords) karena dengan adanya ITP ini akan memblokir cookies yang merupakan bagian penting dari conversion trackingnya Google Ads.

Apa itu Intelligent Tracking Prevention?

Intelligent Tracking Prevention

Secara singkatnya, dengan adanya ITP, maka third-party cookies dari Google Ads hanya dapat berfungsi selama 24 jam sejak pengguna mengakses website melalui browser Safari. Setelah melewati waktu 24 jam cookies tersebut tidak dapat digunakan lagi untuk melakukan tracking dan akan otomatis dihapus dalam 30 hari.

Bagaimana Solusi untuk Mengatasi ini ?

Sebenarnya ada 3 opsi (sesuai dengan basis pengetahuan resmi Google) pilih salah satu;

  1. Kalian bisa lakukan “link/tautkan” akun Google Analytics kalian dengan akun Google Ads kalian (jika belum). Google Analytics menggunakan first-party cookies dan membagikan data dengan Google Ads, sehingga Conversion Tracking kalian akan terus berfungsi dengan baik.
  2. Jika kalian memiliki situs web baru yang ingin kalian track dan tidak mau menggunakan Google Tag Manager (entah kenapa alasan kalian tidak ingin menggunakan Google Tag Manager ini). Sangat dianjurkan untuk mulai menerapkan Gobal Site Tag (gtag.js). Baru-baru ini, Google mengumumkan metode tracking ini dengan maksud untuk merampingkan tracking di seluruh produk Google, termasuk “measurement, conversion tracking, dan produk remarketing.” contohnya seperti gambar dibawah ini;
  3. Jika kalian sudah menginstall Google Ads Conversion Tracking via Google Tag Manager dan belum menautkannya dengan Google Analytics, mulai menggunakan Conversion Linker Tag. Di artikel ini akan kita bahas mengenai Conversion Linker Tag ini.
Baca Juga  Cara Install Google Tag Manager

Apa itu Conversion Linker Tag pada Google Tag Manager?

Ketika seseorang mengklik iklan kalian, URL landing page kalian biasanya berisi ?Gclid = xxxxxxx. ID ini biasanya disimpan sebagai third-party cookies Google Ads.

Ketika pengunjung website kita melakukan aktivitas pada website kalian dan kalian tandai aktivitas tersebut sebagai conversion, track conversion google ads pun aktif. Akibatnya, informasi mengenai klik iklan (gclid) digunakan untuk mengaitkan conversion itu dengan klik iklan yang membawa pengunjung ke website kalian.

Setelah ITP ditayangkan, third-party cookies Google Ads hanya akan berfungsi selama 24 jam setelah pengunjung mengunjungi website kalian. Ada solusi ? Gunakan Conversion Linker Tag!

Conversion Linker Tag ini secara otomatis mendeteksi informasi klik iklan di URL landing page kalian, dan disimpan didalam first-party cookies di domain kalian (bukan cookies pihak ketiga), artinya ITP tersebut tidak lagi mempengaruhi conversion tracking Google Ads kalian dan Kalian akan dapat mengukur conversion lebih dari 24 jam setelah pengunjung website visit ke website kalian.

Bagaimana Install Conversion Linker Tag pada GTM (Google Tag Manager)?

Caranya mudah banget untuk install conversion linker tag ini pada akun GTM kalian;

  • Pada Dashboard Google Tag Manager, klik menu Tags
  • Lalu klik tombol New
  • Pada Tag Configuration, pilih Conversion Linker sebagai Tipe Tagnya.Conversion-Linker-Installation
  • Pada Triggering pilih All Pages. Dan tidak diperlukan konfigurasi lainnya.
    Triggering
  • Save. Lalu Submit untuk di Publish agar live pada google tag manager kalian. Seperti biasa jangan lupa lakukan preview dan debug mode ya.

Selamat Mencoba 🙂

Catatan :
Kalian tidak perlu menginstall conversion linker tag jika:
– Akun Google Analytics kalian sudah tertaut dengan Google Ads kalian.
– Atau kalian melakukan tracking conversion Google Ads dengan menggunakan Global Site Tag (gtag.js)

Sumber

(Visited 224 times, 1 visits today)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.