Untuk kalian para pengguna WordPress tentunya ada point penting yang perlu diperhatikan antara lain update Core WordPress. Terdapat beberapa cara untuk update WordPress, ada yang manual dan ada juga yang otomatis update.

Mengapa Harus di Update ?

WordPress selalu merilis versi terbarunya dengan perbaikan – perbaikan dari versi sebelumnya. Tentunya dengan kalian mengupdate WordPress kalian akan banyak keuntungan yang akan didapat. Update WordPress ke versi terbaru tentunya akan menjaga keamanan situs kalian dari serangan hacker, karena WordPress memang rentan kena hacker. Selain itu, di setiap updatenya WordPress selalu memberikan fitur – fitur terbaru maupun fixing bug. Penambahan fitur baru dan hilangnya bug membuat kecepatan WordPress versi terbaru meningkat. Keuntungan lainnya kebanyakan pengembang plugin dan template WordPress menyediakan plugin dan template yang kompatibel dengan WordPress versi terbaru.

Sebelum masuk ke penjelasan mengenai cara update WordPress secara manual dan otomatis, Kalian juga perlu tahu bahwa WordPress selalu memberikan pemberitahuan update WordPress melalui dashboard.

Kalian bisa klik Dashboard, lalu menuju ke menu update. Di menu update Kalian bisa memasang versi terbaru WordPress dengan sekali klik saja.

Cara Update WordPress Manual

Jika terjadi error di dashboard WordPress Kalian dan Kalian tetap ingin memasang versi terbaru WordPress, tersedia cara lain, yaitu dengan cara update WordPress manual. Berikut langkah-langkah yang perlu Kalian lakukan untuk memasang WordPress versi terbaru dengan cara manual:

  1. Backup Data
    Sebelum memasang versi terbaru WordPress, sebaiknya lakukan backup data website terlebih dahulu sebagai langkah antisipasi jika Kalian membuat kesalahan dalam proses update WordPress versi terbaru.
  2. Matikan Plugin
    Selain backup data, Kalian juga perlu mematikan semua plugin di website Kalian.
  3. Download WordPress Versi Terbaru
    Kalian bisa mendownload WordPress versi terbaru di situs resmi WordPress.
  4. Unzip File WordPress
    Setelah mendownload file dalam bentuk ZIP, Kalian perlu unzip file tersebut menggunakan WinRAR atau WinZIP. Kalian sudah unzip folder WordPress dan mendapatkan beberapa sub-folder seperti wp-admin, wp-includes, dan wp-content.
  5. Buka Direktori Root Website
    Langkah selanjutnya adalah membuka direktori root website. Langkah ini bisa dilakukan dengan menggunakan FileZilla. Yang perlu Kalian lakukan pada langkah ini adalah menghapus folder ‘wp-admin’ dan ‘wp-includes’ yang berada di direktori sebelah kanan.
  6. Upload Versi Baru
    Pada langkah sebelumnya Kalian telah menghapus ‘wp-admin’ dan ‘wp-includes’. Selanjutnya, Kalian perlu mengunggah versi terbaru yang sudah Kalian download sebelumnya. Di direktori sebelah kiri Kalian bisa menemukan folder WordPress yang sudah Kalian download sebelumnya. Kemudian upload ‘wp-admin’ dan ‘wp-includes’ versi terbaru.
  7. Update WordPress Database
    Setelah sukses mengunggah file WordPress versi terbaru, akan muncul notifikasi dari WordPress bahwa update telah berhasil dilakukan dan diperlukan update database. Update database WordPress adalah langkah terakhir dan WordPress Kalian sudah diupdate ke versi terbaru!.
Baca Juga  Jakarta WordPress Meetup #15 2018 SEO, AMP dan Adsense

Cara Update WordPress Otomatis

Bagi Kalian yang sibuk dan tidak sempat untuk memasang WordPress versi terbaru secepat mungkin, Kalian bisa menggunakan bantuan plugin, yaitu Easy Updates Manager. Plugin ini akan membantu Kalian untuk memasang versi terbaru dari WordPress, template, hingga plugin secara otomatis. Jika Kalian tidak ingin menambahkan plugin ke website, Kalian juga bisa menggunakan cara lain, yaitu dengan menambahkan kode di bawah ini ke file wp-config.php:

define(‘WP_AUTO_UPDATE_CORE’, true);

Selamat Mencoba 🙂

(Visited 25 times, 1 visits today)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.